KPK Sesalkan Wakil Ketua DPR Taufik dan Ketua DPRD Kebumen Terjerat Korupsi DAK - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Sesalkan Wakil Ketua DPR Taufik dan Ketua DPRD Kebumen Terjerat Korupsi DAK






TOPNEWS.COM - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Basaria Panjaitan menyesalkan terjeratnya Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan dan Ketua DPRD Kabupaten Kebumen Cipto Waluyo sebagai tersangka. Penetapan tersangka keduanya merupakan hasil pengembangan dari kasus korupsi yang melibatkan Bupati Kebumen nonaktif M Yahya Fuad.
Basaria mengatakan, kasus di Kebumen cukup sistematis karena melibatkan penyelenggara negara di tingkat pusat, yaitu pimpinan DPR RI hingga tingkat daerah mencakup kepala daerah dan anggota DPRD.
"Memang peristiwa ini yang disesali mulai dari awal sudah (Dana Alokasi Khusus) dipotong 5 persen, kemudian kepala daerahnya motong lagi dua persen kemudian di dalam penetapannya lagi untuk DPRD tingkat daerah ada sesuatu lagi yang diberikan," kata Basaria dalam konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/10/2018).
Ia mengatakan, DAK dan anggaran lainnya yang seharusnya bisa dinikmati oleh masyarakat dipangkas demi keuntungan segelintir pihak. Sehingga yang paling dirugikan adalah masyarakat daerah tersebut.
Basaria memaparkan bagaimana korupsi di Kebumen cukup sistematis. Bermula dari OTT KPK, 15 Oktober 2016 kasus ini mencuat.  Dalam OTT itu, satu anggota DPRD dan satu PNS Dinas Pariwisata Kebumen, Jateng ditangkap.  
Dalam OTT tersebut, KPK menemukan bukti Rp 70 juta. Dalam proses pengembangannya menangkap 9 orang lainnya, termasuk Bupati Kebumen nonaktif Fuad. Akhirnya sembilan orang ini ditetapkan sebagai tersangka terkait proyek di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebumen dalam APBD Perubahan Tahun 2016. Dan satu korporasi dari PT Trada, perusahaan jasa kontruksi milik Fuad ditetapkan dalam dugaan tindak pidana pencucian uang. (syam/TN)




KPK Sesalkan Wakil Ketua DPR Taufik dan Ketua DPRD Kebumen Terjerat Korupsi DAK KPK Sesalkan  Wakil Ketua DPR Taufik dan Ketua DPRD Kebumen Terjerat Korupsi DAK Reviewed by samsul huda on October 31, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD