KPK Geledah Rumah CEO Lippo Group James Riady - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Geledah Rumah CEO Lippo Group James Riady




TOPNEWS.COM – Kini giliran rumah CEO Lippo Group James Riady di Jakarta digeledah Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (18/10/2018). Penggeledahan ini dilakukan untuk mencari bukti tambahan kasus dugaan suap izin proyek Central Buiness District (CBD) Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.
"Kami duga ada bukti terkait perkara suap proyek properti Meikarta, karena permohonan izin proyek properti  itu, tidak bisa lepas dari CEO Lippo Group, " kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (18/10/2018).
Selain rumah James, tim penyidik KPK juga menggeledah Apartemen Trivium Terrace di Cikarang. Menurut Febri, penggeledahan di lokasi tersebut berkaitan dengan pihak Lippo Cikarang yang mengembangkan proyek properti Meikarta.
Tim Penyidik KPK juga menggeledah Kantor Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten dan Dinas Pemadan Kebakaran. Daam penggeledahan di lima tempat itu, Tim KPK menyota sejumlah dokumen penting terkait proyek properti Meikarta di Cikarang.
Sebelumnya, tim KPK juga sudah menggeledah rumah Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro, rumah dan kantor Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin. Selain itu, kantor PT Lippo Karawaci Tbk di Menara Matahari, Tangerang serta Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bekasi.
"Sejauh ini disita dokumen terkait perizinan oleh Lippo ke Pemkab, catatan keuangan, dan barang bukti elektronik seperti komputer," ujar Febri.
KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. KPK juga menjerat delapan orang lainnya dalam kasus ini.
Mereka adalah Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Jamaludi; Kepala Dinas Damkar Pemkab Bekasi, Sahat MBJ Nahar; Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Dewi Tisnawati; dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi.
Kemudian, Billy Sindoro, Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi dan Fitra Djajaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, serta Henry Jasmen pegawai Lippo Group.
Bupati Neneng dan sejumlah pihak diduga menerima hadiah atau janji Rp 13 miliar terkait proyek tersebut. Diduga, realiasasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa Kepala.(syam/TN)

KPK Geledah Rumah CEO Lippo Group James Riady KPK Geledah Rumah CEO Lippo Group James Riady Reviewed by samsul huda on October 18, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD