Dampak Gempa-Tsunami, Tes Seleksi CPNS di Sulteng Diminta Mendagri Agar Ditunda - GROBOGAN TOP NEWS

Dampak Gempa-Tsunami, Tes Seleksi CPNS di Sulteng Diminta Mendagri Agar Ditunda


TOPNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengusulkan agar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) ditunda. Hal itu menyusul terjadinya gempa dan tsunami di Palu-Donggala.

Menteri Tjahjo mengatakan hal itu pada acara pelepasan tim pendampingan tata kelola pemerintahan ke Palu di Kemendagri, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Tidak dijelaskan hingga kapan penundaan tes CPNS di Sulteng itu. Tjahjo hanya meminta Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). "Tolong Pak Sekjen kontak Badan Kepegawaian Negara (BKN) tes CPNS apakah bisa ditunda dulu atau nanti akan khusus," kata Tjahjo.

Ia mengatakan, sementara ini Kemendagri telah menerjunkan sejumlah pejabat eselon 1 hingga 3 dan ratusan praja IPDN  ke wilayah terdampak bencana di Sulteng. Mereka dikirim untuk mendampingi pegawai pemerintah di wilayah tersebut. Selain itu, juga membantu pendataan warga yang turut menjadi korban gempa dan tsunami.

"Kami kirim tim dari IPDN kira-kira 100 orang, dari pejabat eselon 1, 2, 3 itu kita menempatkan 25 orang, baik di Pemkot Palu, Sulteng, Sigi, Donggala. Mereka membantu, mencatat, membuat akta kematian misalnya," ujar Tjahjo.

Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengatakan, bahwa infrastruktur di sejumlah wilayah Sulteng rusak parah. Dia juga khawatir tes tidak akan berjalan lancar jika pelaksanaan seleksi CPNS tetap dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
"Bisa ditunda, karena Kantor BKN di Palu juga rusak berat," kata Bima.

Jika dilakukan penundaan, kata Bima, maka seleksi CPNS wilayah Sulawesi Tengah juga harus menunggu sampai rekrutmen tahun depan. Namun demikian, jajarannya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terlebih dahulu.
"Iya mungkin itu lebih baik. Tetapi akan kita konsultasikan dulu terutama dengan pemdanya," ujarnya.
Ia mengatakan, hingga saat ini, pemerintah setempat belum bisa diajak diskusi karena masih sibuk menangani bencana. Sedianya pendaftaran seleksi CPNS akan dibuka hingga 10 Oktober 2018. Masyarakat yang ingin mendaftarkan diri harus registrasi terlebih dahulu melalui situs https://sscn.bkn.go.id. (syam/TN)


Dampak Gempa-Tsunami, Tes Seleksi CPNS di Sulteng Diminta Mendagri Agar Ditunda Dampak Gempa-Tsunami, Tes Seleksi CPNS di Sulteng Diminta Mendagri Agar Ditunda Reviewed by samsul huda on October 02, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD