KPK Dalami Aliran Suap PLTU Riau-1 ke Golkar - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Dalami Aliran Suap PLTU Riau-1 ke Golkar




TOPNEWS.COM - Ketua Fraksi Golkar Melchias Marcus Mekeng diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap PLTU Riau-1 di Provinsi Riau, Rabu (19/9/2018). Ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham dari Partai Golkar.
Mekeng diperiksa untuk mencari bukti tambahan terkait aliran suap PLTU Riau-1 yang diduga mengalir ke Partai Golkar. Suap diperuntukan untuk Munaslub yang mengukuhkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum menggantikan Setya Novanto.
"Dari awal saya sudah katakan, bahwa prediksi aliran suap ke Golkar itu, ada. Namun sampai sekarang kita belum bisa membuktikan‎. Tapi prediksi tersebut, ada," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2018).
Basaria mengatakan, penyidik KPK tak menutup kemungkinan akan memeriksa Airlangga Hartarto dalam mengusut dugaan suap ke Golkar.
"Bisa saja memeriksa Airlangga. Bisa saja kemana-mana berdasar penyidikan. Tapi kita enggak bisa target, kita tunggu penyidik saja," ujarnya.
Pihaknya membuka kemungkinan menjerat Golkar dengan pasal korporasi. Namun KPK masih menunggu kecukupan alat bukti.
"Nanti akan dipikirkan kalau sudah ada bukti," jelas Basaria.
Dalam kasus ini KPK menetapkan tiga orang tersangka yakni, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih, bos Blackgold Natural Resources Limited Johannes B Kotjo, dan mantan Menteri Sosial Idrus Marham.
Eni dan Idrus diduga secara bersama-sama menerima hadiah atau janji dari Kotjo untuk memuluskan Blackgold menggarap proyek senilai USD 900 juta itu. (syam/TN)

KPK Dalami Aliran Suap PLTU Riau-1 ke Golkar KPK Dalami Aliran Suap PLTU Riau-1 ke Golkar Reviewed by samsul huda on September 19, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD