2018, Kemendag Impor Beras 2 Juta Ton - GROBOGAN TOP NEWS

2018, Kemendag Impor Beras 2 Juta Ton


TOPNEWS.COM – Menteri Kordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution kembali mengatakan, bahwa data produksi beras Kementan dengan stok nasional beras di gudang Bulog tidak sama.  ‘’Hal ini yang memicu terjadinya penambahan impor beras,’’ kata Darmin di Jakarta, Rabu (19/9/2018).
Ia mengatakan, pada periode 19 Maret 2018, pasokan beras di Gudang – gudang Bulog tinggal di seluruh Indonesia tinggal 509 ribu ton karena impor sebanyak 500 ribu ton yang sudah diberikan Kemendag ke Bulog sesuai kesepakatan rakor belum terealisasi.
Alasannya karena negara produsen beras impor panennya baru Maret 2018. Kemudian, soal perkapalan itu cukup lama, jadi ini masalah persiapan.  ‘’Intinya, akhir Februari belum masuk,’’ ujar Menko Perekonomian Darmin. Ia mengatakan, kebijakan impor beras tahap dua sebanyak 500 ribu ton mau tidak mau harus dikeluarkan lagi. Hal ini dilakukan karena pemerintah tak mau mengambil risiko bila tiba-tiba pasokan beras tidak bisa menutup kebutuhan masyarakat.
Namun, lagi-lagi Kementan kembali memberikan angka proyeksi produksi yang tinggi, yaitu sebanyak 6,5 juta ton saat rakor pada 28 Maret 2018. Saat itu, pasokan beras Bulog meningkat menjadi 649 ribu ton dan harga beras sudah turun menjadi Rp11.036 per kg.
“Tapi panen raya sudah mau habis. Wah siapa yang mau percaya bahwa ini akan beres-beres saja, akan baik-baik saja. Sehingga kami putuskan impor lagi 1 juta ton,” katanya. Total izin impor yang dikeluarkan Kemendag akhirnya mencapai 2 juta ton sepanjang tahun ini. Namun tiba-tiba hal ini justru menimbulkan perseteruan antara Bulog dengan Kemendag. (syam/TN)

2018, Kemendag Impor Beras 2 Juta Ton  2018, Kemendag Impor Beras 2 Juta Ton Reviewed by samsul huda on September 21, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD