Kedungombo Gelontor Untuk Pembasahan 62.000 Hektare Sawah di Empat Daerah - GROBOGAN TOP NEWS

Kedungombo Gelontor Untuk Pembasahan 62.000 Hektare Sawah di Empat Daerah


GROBOGAN (TopNews.Com) – Air Waduk Kedungombo di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan (Jateng), mulai digelontorkan untuk kepentingan pertanian tanaman pangan di daerah Grobogan, Pati, Kudus dan Demak. Dijadwalkan 62.000 hektare sawah di daerah  irigasi (DI) jaringan Kedungombo di beberapa daerah itu, mulai terairi 1 Oktober 2018 melalui Bendung Sidorejo, Bendung Sedadi, Bendung Klambu, Bendung Wilanglung dan lainnya.
‘’Sejak dibuka 21 September 2018, air Kedungombo sampai saat ini masih mengisi bendung-bendung di bagian hilir waduk itu,’’ kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Grobogan Endang Sulistyoningsih di Purwodadi, Rabu (26/9/2018).
Ia mengatakan, air Waduk Kedungombo itu digelonotorkan untuk pembasahan sawah-sawah petani 50 liter/detik.  Pembasahan tersebut dilakukan untuk menyambut tanam padi serentak di daerah irigasi (DI) jaringan Waduk Kedungombo musim tanam (MT) I Oktober 2018-Maret 2019 (Okmar).  
Dengan itu diharapkan 1 Januari 2019 petani di wilayah jaringan irigasi tersebut dapat panen serempak. Panen di awal tahun 2019 akan laku keras di pasaran. Bahkan harga gabah kering panen (GKP) biasanya laku lebih tinggi disbanding hasil panen MT II. 
Sementara itu, ribuan hektare sawah di Grobogan dan sekitarnya kini dalam keadaan mengering akibat musim kemarau. Kekeringan ini tidak hanya terjadi di lahan-lahan sawah tadah hujan, tetapi terjadi juga di lahan-lahan sawah berpengairan teknis. Sebab air waduk Kedungombo, sudah beberapa bulan ditutup untuk kepentingan perbaikan jaringan irigasi di daerah hilir. (syam/TN)

Kedungombo Gelontor Untuk Pembasahan 62.000 Hektare Sawah di Empat Daerah Kedungombo Gelontor Untuk Pembasahan 62.000 Hektare Sawah di Empat Daerah Reviewed by samsul huda on September 26, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD