Idrus Marham Minta Kader Golkar Terima Suap Proyek PLTU Riau-1 Kembalikan ke KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Idrus Marham Minta Kader Golkar Terima Suap Proyek PLTU Riau-1 Kembalikan ke KPK




TOPNEWS.COM -  Mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham, meminta kader Golkar yang menikmati uang sogok
proyek PLTU Riau-1 supaya mengembalikannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Idrus adalah tersangka ketiga suap proyek PLTU Riau-1 di Provinsi Riau.

Ia mengatakan,  pengembalian uang korupsi itu ke KPK merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap Golkar. "Kalau kader-kader Golkar ada yang mendapatkan uang itu, kembalikan. Iya ini kalau kita cinta Golkar, begitu. Jangan jadi polemik, tidak bagus. Itu saja," kata Idrus usai diperiksa, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).

Ia diperiksa sebagai saksi dari eks Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dar Fraksi Golkar dan pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited Johannes B Kotjo.

"Hanya melengkapi berkas dari penjelasan sebelumnya. Jadi enggak banyak. Hanya satu, dua, tiga pertanyaan dan saya sudah jelaskan," ujarnya.

Mantan Mensos itu,  meminta semua pihak tidak mengaitkan kasus korupsi PLTU dengan Golkar bila memang tak memiliki kaitan. Menurutnya, sebagai kader Golkar seharusnya menjaga keutuhan partai menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2019.

"Jadi kalau kita sayang Golkar, dan kita ingin betul-betul Golkar maju, ya sudah jangan kaitkan Golkar kalau enggak ada kaitannya," kata Idrus.

Sebelumnya, Eni Saragih mengakui sebagian uang sebesar Rp2 miliar yang diterima dari kesepakatan kontrak kerja sama proyek pembangunan PLTU Riau-1 digunakan untuk kegiatan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar pertengahan Desember 2017.

Eni mengatakan hanya menjalankan tugas partai untuk mengawal proyek milik PT PLN senilai US$900 juta itu. Menurut Eni, dirinya diminta oleh mantan Ketua Umum Golkar Setya Novanto untuk mengawal proyek itu dan dikenalkan kepada Kotjo, yang ingin menggarap proyek tersebut.

Dalam kasus ini, Idrus dan Eni diduga bersama-sama menerima hadiah atau janji dari Kotjo. Idrus diduga mengetahui dan memiliki andil terkait penerimaan uang oleh Eni dari Kotjo, yakni sekitar November-Desember 2017 sebesar Rp4 miliar dan Maret-Juni 2018 sekitar Rp2,25 miliar.

Idrus juga diduga berperan mendorong agar proses penandatanganan Purchase Power Agreement (PPA) dalam proyek pembangunan PLTU Riau-1. Proyek tersebut kini dihentikan sementara usai mencuat kasus suap ini. 

Bahkan Idrus diduga dijanjikan mendapatkan bagian yang sama seperti jatah Eni sebesar US$1,5 juta dari Kotjo. Uang itu akan diberikan bila Idrus berhasil membantu Kotjo mendapat proyek PLTU Riau-1.  (syam/TN)

Idrus Marham Minta Kader Golkar Terima Suap Proyek PLTU Riau-1 Kembalikan ke KPK Idrus Marham Minta Kader Golkar Terima Suap Proyek PLTU Riau-1 Kembalikan ke KPK Reviewed by samsul huda on September 07, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD