Bupati Tulungagung Dilantik, Dinonaktifkan dan Kembali Jalani Proses Hukum di KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Bupati Tulungagung Dilantik, Dinonaktifkan dan Kembali Jalani Proses Hukum di KPK


TOPNEWS.COM -  Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung terpilih Syahri Mulyo dan Maryoto Wibowo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (25/9/2018) pukul 13.54 WIB.
Pelantikan itu dilangsungkan berdasar Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.56-5884 dan Nomor 132.35-5885 Tahun 2018 tentang pengangkatan Syahri Mulyo dan Maryoto Wibowo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung.
Usai dilantik Mendagri Tjahjo Kumolo menyerahkan surat keputusan lainnya kepada kepada Gubenur Jawa Timur, Soekarwo. Dan kemudian  surat itu diserahkan gubernur  kepada Wakil Bupati Tulungagung Maryoto Wibowo.
Surat itu merupakan penugasan kepada Wakil Bupati Tulungagung untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Tulungagung menggantikan Syahri Mulyo.
Hal ini dilakukan karena Syahri merupakan tersangka KPK. Ia bersama Wali Kota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar terjerat dalam kasus dugaan suap proyek-proyek di Tulungagung dan Blitar. Itu sebabnya usai dilantik Syahri langsung dinonaktifkan dan kembali menjalani proses hukum di KPK.
Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, awalnya Syahri akan dilantik bersama sejumlah kepala daerah terpilih lainnya di Kantor Pemprov Jawa Timur. Namun karena pelantikannya berada di luar kota, KPK tidak mengizinkan. Dan KPK mengizinkan bila pelantikannya berada di Jakarta, dekat dengan tempat penahanan Syahri di Jakarta Timur. Akhirnya, Mendagri minta Gubernur Jatim Soekarwo untuk bisa melantik Syahri di Kantor Kemendagri Jakarta. (syam/TN)




Bupati Tulungagung Dilantik, Dinonaktifkan dan Kembali Jalani Proses Hukum di KPK Bupati Tulungagung Dilantik, Dinonaktifkan dan Kembali Jalani Proses Hukum di KPK Reviewed by samsul huda on September 25, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD