Bulog Tolak Impor Beras, Menteri Perdagangan: Impor Keputusan Rakor Antar Kementerian - GROBOGAN TOP NEWS

Bulog Tolak Impor Beras, Menteri Perdagangan: Impor Keputusan Rakor Antar Kementerian

TOPNEWS.COM - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, bahwa kewajiban Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengimpor beras sebesar 2 juta ton sudah ditentukan dalam rapat koordinasi (rakor) antar kementerian. Meski demikian, Bulog dapat memperpanjang izin impor beras lantaran proses masuknya yang membutuhkan waktu.
"Kalau mereka ngotot tidak impor ya tidak apa-apa. Yang pasti, rapat koordinasi memutuskan jumlah total itu 2 juta ton. Itu keputusan rakor, bukan saya," kata Mendag Enggartiasto di Jakarta, Rabu (19/9/2018).
Ia mengatakan, keputusan rakor sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres). Tak hanya itu, Bulog juga diharuskan impor karena kemampuan produksi beras dalam negeri masih kurang dari kebutuhan. "Rakor memutuskan ini alurnya sesuai dengan Perpres. Jadi bukan mengimpor tambahan lagi. Dan kenapa masih impor, itu karena kemampuan produksi kurang," ujarnya.
Sebelumnya, Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyebutkan gudang bulog telah penuh untuk stok beras. Merespon hal ini, Mendag Enggar mengatakan itu urusan korporasi. "Bagaimana pengendaliannya itu urusan korporasi. Pokoknya ini permintaan rakor. Penugasan untuk Bulog yang pada saat itu juga hadir di situ," kata Menteri Enggar.
Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan izin impor beras sebanyak 3 kali. Yaitu pada Januari dan Maret 2018 masing-masing sebesar 500.000 ton. Kemudian fase berikutnya di bulan April 2018 sebanyak 1 juta ton. (syam/TN)

Bulog Tolak Impor Beras, Menteri Perdagangan: Impor Keputusan Rakor Antar Kementerian Bulog Tolak Impor Beras, Menteri Perdagangan: Impor Keputusan Rakor Antar Kementerian Reviewed by samsul huda on September 20, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD