41 Anggota DPRD Kota Malang Ditahan Akibat Korupsi, Mendagri Tjahyo Konsultasi ke KPK - GROBOGAN TOP NEWS

41 Anggota DPRD Kota Malang Ditahan Akibat Korupsi, Mendagri Tjahyo Konsultasi ke KPK


TOPNEWS.COM -  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendatangi KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2018). Ia datang ke KPK untuk konsultasi dengan pimpinan KPK menyusul ditetapkannya 41 anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka. Bahkan kemudian ditahan di lima Rumah Tahanan (Rutan) KPK Cabang Jakarta.
Mendagri Tjahjo mengatakan, koordinasi dilakukan karena banyaknya anggota DPRD di Malang, Jatim dan Pemprov Sumatera Utara (Sumut)  ditetapkan sebagai tersangka korupsi. Dan yang lebih penting agar jalannya roda Pemerintahan Kota (Pemkot) Malang tidak terganggu.
"Saya konsultasi pimpinan KPK terkait dengan banyaknya anggota DPRD Kota Malang, dan Sumut ditangkap KPK akibat korupsi. Sehingga terjadi kekosongan wakil rakyat di daerah itu," kata Mendagri Tjahjo di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/9/2018).
KPK telah menetapkan 41 anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka suap terkait penetapan RAPBD Kota Malang tentang tahun anggaran 2015. Saat ini anggota Dewan kota itu, hanya tinggal 4 orang. Mereka ini aman dari bidikan KPK karena tak terlibat korupsi
Mendagri Tjahjo mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengeluarkan diskresi beberapa waktu lalu agar program dan kerja pemerintahan Kota Malang tidak terhambat. Pertama, menyerahkan kepada gubernur untuk terlibat dalam pengambilan keputusan, memfasilitasi.
Kedua, izin Mendagri. Dan ketiga, bisa dilakukan peraturan walikota atau gubernur atau peraturan bupati setelah ada persetujuan dari Kemendagri. (syam/TN)




41 Anggota DPRD Kota Malang Ditahan Akibat Korupsi, Mendagri Tjahyo Konsultasi ke KPK 41 Anggota DPRD Kota Malang Ditahan Akibat Korupsi, Mendagri Tjahyo Konsultasi ke KPK Reviewed by samsul huda on September 04, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD