Pipa Induk PDAM Terkena Beghu Proyek, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Terhenti - GROBOGAN TOP NEWS

Pipa Induk PDAM Terkena Beghu Proyek, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Terhenti


GROBOGAN (TopNews.Com)  Gara-gara beghu proyek perbaikan jalan Diponegoro di perempatan Danyang, Purwodadi, Grobogan (Jateng) menghantam pipa induk PDAM, menyebabkan distribusi air bersih di Keluarahan Danyang, Kalongan dan Nambuhan, dan sekitarnya terhenti total.
‘’Hampir sehari penuh kami tak bisa memanfaatkan air PDAM untuk mandi dan cuci,’’ kata sejumlah pelanggan PDAM di Danyang Purwodadi, Jumat (17/8/2018).  
Pipa induk PDAM itu berada di sisi timur pinggir jalan Diponegoro Purwodadi. Pipa distribusi tersebut terkena beghu ketika pihak pelaksana proyek tengah menggali tanah untuk pemasangan boks beton. Selain menghantam pipa air bersih, beghu proyek tersebut juga memutuskan kabel telepon bawah tanah.
Pipa PDAM itu terpasang dengan kedalaman 50 cm dari permukaan jalan. Ketika pipa tersebut terkena beghu, praktis galian untuk drainese ini, terpendam air dari luapan pipa induk tersebut. Untung segera dilaporkan ke PDAM, sehingga air tidak meluber menggenangi jalan utama.  
Oleh petugas teknis PDAM, dilakukan penutupan melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sambak Danyang. Akibatnya, ribuan pelanggan PDAM tak terlayani air bersih. Padahal di musim kemarau seperti sekarang, air bersih sangat dibutuhkan  untuk mandi cuci dan minum.

Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulonggono mengatakan, pihak proyek tak memberitahukan dimulainya pekerjaan ke PDAM. Sehingga petugasnya tak dapat mengarahkan penggalian drainase yang aman dari beghu.
‘’Kami menyesalkan hal itu,’’ katanya.  Ia mengatakan, rusaknya pipa induk PDAM itu, menyebabkan 1.800 pelanggan di Kecamatan Purwodadi tak dapat terlayani air bersih. Ribuan pelanggan itu berada di Kelurahan Danyang, Kalongan dan Nambuhan.
‘’Kami mohon maaf atas gangguan distribusi air bersih ini,’’ ujar Bambang. Menurutnya, perbaikan pipa induk tidak dapat dilakukan dengan cepat. Sebab rusaknya cukup parah, maka diperlukan penggantian dan pengelasan pipa kembali. Namun pihaknya akan koordinasi dengan rekanan proyek jalan tersebut agar perbaikan pipa induk bisa secepatnya diselesaikan. Sehingga pelanggan di beberapa kelurahan tersebut segera terlayani air bersih kembali. (syam/TN).

Pipa Induk PDAM Terkena Beghu Proyek, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Terhenti Pipa Induk PDAM Terkena Beghu Proyek, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Terhenti Reviewed by samsul huda on August 17, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD