Idrus Tersangka Ketiga Dalam Kasus Suap Pembangunan Proyek PLTU Riau-1 - GROBOGAN TOP NEWS

Idrus Tersangka Ketiga Dalam Kasus Suap Pembangunan Proyek PLTU Riau-1


 TOPNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)   menetapkan Idrus Marham sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait pembangunanj proyek PLTU Riau-1 di Provinsi Riau. Tidak dijelaskan dalam posisi apa Idrus ditetapkan sebagai tersangka. Sebab Idrus bukan penyelenggara negara ketika kasus itu, terjadi.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan,  Idrus tersangka karena yang bersangkutan bersama-sama atau turut membantu Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dalam penanganan propyek PLTU Riau-1.
‘’Idrus ikut membantu," kata Basaria di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (24/8/2018).
Ia mengatakan, KPK tidak pernah melihat jabatan Idrus Marham ketika ditetapkan sebagai tersangka.
"Kita tidak mempersoalkan apakah posisi IM adalah sebagai ketua atau menteri, atau sebagai Sekjen Partai Golkar. Tapi yang bersangkutan turut membantu, makanya dimasukkan Pasal 55 dan atau Pasal 65. Jadi tidak berdiri sendiri," ujar Basaria.
Idrus menjadi tersangka karena diduga turut serta dalam kasus tersebut. Dia juga diduga telah dijanjikan uang 1,5 juta dolar AS oleh Johannes Budisutrisno Kotjo. Kemudian, Idrus juga diduga ikut mendorong percepatan proses penandatanganan proyek PLTU Riau 1 tersebut.
Atas perbuatannva, Idrus disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 56 ke-2 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.
Sebelumnya, KPK sudah lebih dulu menetapkan Waki Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan Johannes sebagai tersangka. Dengan ditetapkannya Idrus Marham sebagai tersangka, maka dalam kasus ini kini sudah ada tiga orang tersangka. (syam/TN)

Idrus Tersangka Ketiga Dalam Kasus Suap Pembangunan Proyek PLTU Riau-1 Idrus Tersangka Ketiga Dalam Kasus Suap Pembangunan Proyek PLTU Riau-1   Reviewed by samsul huda on August 25, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD