Ketua KPK: Korupsi Jual Beli Fasilitas di Lapas Sukamiskin Sangat Sistematis - GROBOGAN TOP NEWS

Ketua KPK: Korupsi Jual Beli Fasilitas di Lapas Sukamiskin Sangat Sistematis


 TOPNEWS.COM - Korupsi jual beli fasilitas yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, sangat sistematis.
Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (23/7/2018).
Ia mengatakan, korupsi di Lapas Sukamiskin sangat krusial. Sebab semua pengelola lapas itu, diduga terlibat. Termasuk tahanan yang dipercaya menjadi tahanan pendamping (Tamping). .
“Kejadian itu penting untuk diusut, karenanya kita menganggapnya bukan oknum lagi. Hal tersebut sudah sangat sistematik," kata Agus.
Pihaknya menyayangkan korupsi di lapas masih terjadi. Sebab tujuan memasukkan orang yang melakukan tindak pidana korupsi ke lapas itu, agar memberikan efek jera. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya.
Menurutnya, pengelolaan di dalam lapas sungguh memprihatinkan."Tujuan kita memasukkan ke lapas itu kan nanti supaya saat kembali ke masyarakat menjadi sadar, menjadi baik lagi. Tapi kalau pengelolaannya banyak korupsi itu kan sangat memprihatinkan,” ujar Agus.
Sebelumnya, KPK menangkap Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Bandung, Jabar. Dakam OTT itu, KPK mengamankan uang Rp 279 juta dan USD 1.140 dan dua unit mobil mewah dari tangan Kapalas Wahid.
Juga ditemukan, bahwa kamar Fahmi Darmawansyah dilengkap fasilitas mewah. Terungkap adanya praktik jualbeli fasilitas dan izin luar biasa keluar dan masuk lapas. Fahmi diduga menyuap Kalapas Sukamiskin Wahid untuk fasilitas selama menghuni lapas.
KPK telah menetapkan empat tersangka, yaitu Wahid dan Hendry Saputra stafnya sebagai penerima suap. Dan Fahmi dan napi pendampingnya (Tamping), Andri Rahmat. (syam/TN)




Ketua KPK: Korupsi Jual Beli Fasilitas di Lapas Sukamiskin Sangat Sistematis Ketua KPK: Korupsi Jual Beli Fasilitas di Lapas Sukamiskin Sangat Sistematis Reviewed by samsul huda on July 23, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD