Geledah Kantor Dinkes Aceh, KPK Temukan Dokumen Proyek Dana Otsus Rp 1,15 Triliun - GROBOGAN TOP NEWS

Geledah Kantor Dinkes Aceh, KPK Temukan Dokumen Proyek Dana Otsus Rp 1,15 Triliun




TOPNEWS.COM -  Giliran penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh. Penggeledahan itu, terkait kasus dugaan suap dari ijon proyek-proyek yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun anggaran 2018 yang menjerat Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf.
"KPK terus mencari bukti-bukti lain. Kemarin penggeledahan itu menemukan bukti-bukti lagi yang menguatkan tentang dugaan suap terkait alokasi anggaran DOK Aceh. Penyidik KPK melakukan penggeledahan di Dinas Pendidikan dan Kesehatan Aceh," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (11/7/2018).
Ia mengatakan, penggeledahan di dua itu, dilakukan sejak pukul 11.00 WIB. Menurut dia, dari proses penggeledahan di Dinas Kesehatan Aceh, penyidik menemukan dokumen anggaran senilai Rp 1,15 triliun.
"Sejauh ini ditemukan dokumen-dokumen proyek seperti dokumen pelaksanaan anggaran Dinas Kesehatan Aceh dengan nilai Rp 1,15 Triliun. Dana itu berasal dari DOKA Aceh ," ujar Febri.
Sebelumnya, Irwandi ditetapkan sebagai tersangka bersama Bupati nonaktif Bener Meriah Ahmadi dan dua pihak swasta lainnya.
KPK menduga Ahmadi memberikan uang Rp 500 juta kepada Irwandi. Uang itu merupakan bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta oleh Irwandi terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DOKA.
 Diduga uang suap dari Bupati Ahmadi diperuntukan untuk membeli medali dan pakaian atlet dalam ajang Aceh International Marathon 2018. Tenaga ahli dalam event tersebut adalah model Steffy Burase, yang bersangkutan kini dicekal.
Steffy dicekal bersama tiga orang lainnya, yakni Kadis PUPR Rizal Iswandi, pejabat ULP Nizarli, dan Teuku Fadhilatul Amri. Mereka dicegah ke luar negeri selama enam bulan ke depan sejak 6 Juli 2018. (syam/TN)

Geledah Kantor Dinkes Aceh, KPK Temukan Dokumen Proyek Dana Otsus Rp 1,15 Triliun Geledah Kantor Dinkes Aceh, KPK Temukan Dokumen Proyek Dana Otsus Rp 1,15 Triliun Reviewed by samsul huda on July 11, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD