Api Mrapen Asian Games 2018, Dikirab Lewati 54 Kota di 18 Provinsi di Indonesia - GROBOGAN TOP NEWS

Api Mrapen Asian Games 2018, Dikirab Lewati 54 Kota di 18 Provinsi di Indonesia


TOPNEWS.COM - Perhelatan pesta olah raga Asian Games 2018 sudah di ambang pintu. Karena sebulan lagi perhelatan akbar itu, segera berlangsung di Jakarta. Inasgoc selaku panitia pelaksana (panpel) mengaku telah menyiapkan hajatan torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 yang akan diarak mengelilingi Indonesia.
Kegiatan itu akan dimulai dengan mengambil api Asian Games 2018 di New Delhi, India, 15 Juli 2018. Dari India, obor akan dibawa kembali ke Indonesia dan mendarat Lapangan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, 17 Juli 2018. Nantinya, api Asian Games 2018 akan disimpan di Museum Dirgantara, Yogyakarta.
Keesokan harinya, akan dilakukan pengambilan api abadi di objek wisata api abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jateng. Api Mrapen ini akan dipamerkan dalam Konser Penyatuan Api Asian Games 2018 di kawasan Candi Prambanan, Magelang. Baru setelah itu torch relay akan dimulai pada 19 Juli di Yogyakarta.
Nantinya obor akan dibawa lari melewati banyak kota sejarah dan pariwisata. Pesannya simpel, yaitu ingin Asian Games bergema di seluruh Indonesia. Inginnya panitia tidak hanya Jakarta dan Palembang yang dilewati, tapi kota-kota lain juga jadi bagian seperti yang diamanatkan Presiden Jokowi.
‘’Kita bersama pemerintah-pemerintah daerah meluncurkan event-event istimewa," kata Ketua Inasgoc Erick Thohir ketika konferensi pers di Wisma Serba Guna Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).
Api Asian Games 2018 akan melakukan perjalanan panjang dari India ke Indonesia, yakni sekitar 18.000 km. Hanya satu kota di India yang akan dilewati. Sedangkan di Indonesia akan melewati 54 kota yang tersebar di 18 provinsi.
Demi menyemarakkan kirab obor Asian Games, Inasgoc melibatkan berbagai atlet legendaris. Salah satunya adalah legenda bulu tangkis putri, Susy Susanti yang juga ditunjuk sebagai Torch Ambassador Asian Games 2018.
"Banyak sekali atlet-atlet legendaris yang akan berpartisipasi, hampir 40 atlet. Ada Taufik Hidayat, Susy Susanti, Rudi Hartono, Yayuk Basuki, dan tidak hanya dari bulu tangkis saja, banyak dari cabang-cabang lain," ujar Erick.
"Kita memang prioritaskan atlet-atlet legenda. Atlet-atlet yang pernah membawa Merah Putih di Olimpiade, Asian Games. Tapi atlet legenda juga kita libatkan seperti Rudi Hartono,"  jelasnya.
Tak hanya atlet, kalangan artis juga disiapkan menyemarakkan kirab obor Asian Games. Seperti yang telah diumumkan salah satu perwakilan sponsor, artis seperti Dian Sastro dan Mikha Tambayong akan menjadi wakil Samsung.
Seperti diketahui, Asian Games 2018 akan dimulai pada 18 Agustus dan berakhir pada 2 September 2018. Setelah mengelilingi Indonesia, api akan dibawa ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai venue acara pembukaan Asian Games 2018. (syam/TN)

Api Mrapen Asian Games 2018, Dikirab Lewati 54 Kota di 18 Provinsi di Indonesia Api Mrapen Asian Games 2018, Dikirab Lewati 54 Kota di 18 Provinsi di Indonesia Reviewed by samsul huda on July 12, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD