KPK Jebloskan Kadis PUPR Tulungagung ke Tahanan - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Jebloskan Kadis PUPR Tulungagung ke Tahanan



TOPNEWS.COM - KPK menetapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung, Jatim, sebagai tersangka suap proyek-proyek infrastruktur di Pemkab itu. Ia langsung dijebloskan ke tahanan Rutan KPK Cabang Jakarta, Jumat (8/6/2018) pukul 02.45 WIB.
Sutrisno keluar dari Gedung KPK dengan mengenakan rompi oranye, pakaian khas tahanan KPK. Dia diam seribu bahasa ketika ditanya awak media tentang kasusnya, dan bergegas menuju mobil tahanan di depan Gedung KPK.
Sutrisno ditahan selama 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK Jakarta Timur di Kav K4, Jakarta Selatan, bersama tersangka penerima suap lainnya, Agung Prayitno dan Bambang Purnomo. Sementara tersangka pemberi, Susilo Prabowo selaku kontraktor ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur.
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, dalam kasus ini KPK juga menetapkan Bupati Tulungagung nonaktif Syahri Mulyo dan Wali Kota Blitar Muhamad Samanhudi Anwar sebagai tersangka penerima suap dari Susilo dengan kasus yang berbeda. Namun, hingga kini keduanya belum menyerahkan diri ke KPK.
‘’Kami segera mengeluarkan daftar pencarian orang (DPO) guna menangkap keduanya untuk kepentingan penyidikan,’’ kata Saut di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (8/6/2018) dini hari.
KPK menduga Syahri menerima suap sebanyak 3 kali sebagai fee proyek-proyek pembangunan infrastruktur peningkatan jalan di Dinas PUPR Pemkab Tulungagung. Total penerimaan Syahri mencapai Rp 2,5 miliar.
Suap itu melibatkan Kepala Dinas PUPR Pemkab Tulungagung Sutrisno dan Agung Prayitno dari swasta sebagai penerima.
Sedangkan Samanhudi diduga menerima Rp 1,5 miliar terkait ijon proyek pembangunan sekolah lanjutan pertama di Blitar dengan nilai kontrak Rp 23 miliar. Fee tersebut diduga bagian dari 8 persen yang menjadi jatah Samanhudi dari total fee 10 persen yang disepakati. Suap ini juga melibatkan Bambang Purnomo dari swasta sebagai penerima. (syam/TN)

KPK Jebloskan Kadis PUPR Tulungagung ke Tahanan KPK Jebloskan Kadis PUPR Tulungagung ke Tahanan Reviewed by samsul huda on June 08, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD