Suap APBN Perubahan, KPK Sita Jeep Wrangler Rubicon Milik Pegawai Kemenkeu - GROBOGAN TOP NEWS

Suap APBN Perubahan, KPK Sita Jeep Wrangler Rubicon Milik Pegawai Kemenkeu



JAKARTA (TopNews.Com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita mobil Jeep Wrangler Rubicon Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Kementerian Keuangan, Yaya Purnomo.
Mobil mewah itu disita terkait kasus dugaan suap dana perimbangan keuangan desa pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2018. Mobil tersebut digunakan saat Yaya terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
"Ada dua kendaraan yang saat ini kami amankan, salah satunya Rubicon yang kami sita dari YP (Yaya Purnomo). Ini adalah satu ruang pengembangan yang ditelusuri oleh tim,"  kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (8/5/2018).
KPK telah menetapkan politikus Demokrat Amin Santono, dua swasta Ahmad Ghiast dan Eka Kamaludin, Kepala Seksi Pendanaan Kawasan perumahan dan Permukiman Kementerian Keuangan Yaya Purnomo, sebagai tersangka.
Yaya bersama anggota Komisi XI DPR Amin Santono, dan satu pihak swasta diduga menerima suap dari Ahmad Ghiast, selaku kontraktor proyek di Sumedang, Jabar, terkait usulan anggaran perimbangan daerah di APBN Perubahan 2018.
Selain memberi suap kepada Amin, Ghiast juga memberi suap kepada dua orang lainnya yakni Eka Kamaluddin dan Yaya Purnomo. Kepada Eka, Ghiast menggelontorkan uang melalui transfer Rp 100 juta. Sedangkan Yaya diduga beberapa kali menerima suap berbentuk uang dan kemudian dialihkan menjadi logam mulia.
Total komitmen fee yang diduga akan diterima ketiga tersangka yakni Amin, Eka, dan Yaya adalah Rp 1,7 miliar dari pengerjaan 2 proyek di Kabupaten Subang dengan nilai Rp 25 miliar.
Penerimaan total Rp 500 juta bagian 7 persen commitment fee yang dijanjikan dari 2 proyek Kabupaten Sumedang sebesar Rp 1,7 miliar. (syam/TN)


Suap APBN Perubahan, KPK Sita Jeep Wrangler Rubicon Milik Pegawai Kemenkeu Suap APBN Perubahan, KPK Sita Jeep Wrangler Rubicon Milik Pegawai Kemenkeu Reviewed by samsul huda on May 08, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD