Dua Anak Novanto Diperiksa KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Dua Anak Novanto Diperiksa KPK

 JAKARTA (TopNews) – Dua anak Setya Novanto, Rheza Herwindo dan Dwina Michaella, dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa dalam kasus tindak pidana korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), Rabu (28/3/2018).
"Rheza dan Dwina akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah.
Rheza dan Dwina datang bersamaan di Gedung KPK Jakarta pukul 10.00 WIB. Rheza dan Dwina merupakan anak Novanto dari istri pertama Luciana Lily Herliyanti. Dua setengah jam keduanya diperiksa. Usai pemeriksaan, keduanya bergegas menuju mobilnya tanpa sedikitpun menjawab pertanyaan awak media.
Sehari sebelumnya, KPK memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri kedua Novanto sebagai saksi dari tersangka Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung.
Pemeriksaan itu untuk mendalami posisi pencantuman nama dan kepemilikan saham Deisti di PT Murakabi Sejahtera, yang dikomandani Irvanto, keponakannya.
Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, 3 November 2017, Deisti Astriani Tagor dan Reza Herwindo diketahui pernah memiliki saham di PT Mondialindo Graha Perdana, yang merupakan pemegang saham mayoritas PT Murakabi Sejahtera, salah satu perusahaan peserta proyek e-KTP.
Irvanto Hendro Pambudi diduga sejak awal mengikuti proses pengadaan e-KTP dengan perusahaannya, yaitu PT Murakabi Sejahtera, dan ikut beberapa kali pertemuan di ruko Fatmawati bersama tim penyedia barang proyek e-KTP. Ia juga diduga telah mengetahui ada permintaan fee sebesar 5 persen untuk mempermudah proses pengurusan anggaran e-KTP.
Irvanto diduga menerima total US$ 3,4 juta pada periode 19 Januari-19 Februari 2012 untuk Setya secara berlapis dan melewati sejumlah negara.
Sedangkan Made Oka Masagung adalah pemilik PT Delta Energy, perusahaan SVP dalam bidang investment company di Singapura, yang diduga menjadi perusahaan penampung dana.
Made Oka Masagung melalui kedua perusahaannya diduga menerima total US$ 3,8 juta sebagai peruntukan kepada Novanto yang terdiri atas US$ 1,8 juta melalui perusahaan OEM Investment Pte, Ltd dari Biomorf Mauritius dan melalui rekening PT Delta Energy sebesar US$ 2 juta.(syam/TN)


Dua Anak Novanto Diperiksa KPK  Dua Anak Novanto Diperiksa KPK Reviewed by samsul huda on March 28, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD