Uji Coba Proyek IPA PDAM, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Lancar Tapi Keruh - GROBOGAN TOP NEWS

Uji Coba Proyek IPA PDAM, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Lancar Tapi Keruh


GROBOGAN (TopNews) – Uji coba proyek instalasi pengolahan air (IPA) PDAM Purwodadi, Grobogan, Jateng, diakhiri Sabtu (24/2/2018) pukul 17.00 WIB. Meskipun air yang didistribusikan ke rumah-rumah pelanggan masih dalam keadaan keruh.
Tidak diketahui mengapa air bersih yang diolah IPA itu masih sarat dengan lumpur. Beberapa pelanggan PDAM Purwodadi mengatakan, uji coba IPA baru belum bisa dikatakan berhasil. Sebab air bersih yang didistribusikan ke rumah-rumah pelanggan masih dalam keadaan keruh. Lebih-lebih bila hujan lebat.
Namun mereka mengakui, bahwa distribusi air bersih itu, mulai lancar dibanding sebelumnya.  Dirut PDAM Purwodadi, Grobogan, Bambang Pulonggono mengatakan, air yang diolah IPA baru dalam keadaan jernih dan layak untuk dikosumsi.
Seminggu diujicoba, katanya, airnya tampak memenuhi syarat sebagai air bersih.  Ia mengatakan, Komisi B DPRD sudah cek langsung ke lokasi IPA di Sambak Danyang, satu lokasi dengan IPA lama. Mereka mengakui air baku Kedungombo yang diolah di IPA baru itu, dalam keadaan jernih. Dan dinyatakan layak untuk menutup kekurangan air bersih di tingkat pelanggan.
Ketika ditanyakan kenapa sampai Sabtu (24/2/2018) air yang didistribusikan ke pelanggan di Jalan Gajah Mada Purwodadi masih dalam keadaan keruh ? Dalam hal ini pihaknya mengaku belum mengetahui kalau air yang didistribusikan dari IPA itu, keruh. Sebab belum sempat cek ke sambungan ke rumah-rumah pelanggan.
‘’Nanti biar dicek staf,’’ katanya.  Proyek IPA itu dibiayai dari Dana Penyertaan Modal APBD Grobogan Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp 7,1 miliar. Sebagai pelaksana proyek tersebut adalah PT Mario Karya Abadi Semarang.
Sesuai kontrak, batas akhir pekerjaan selesai 100 prosen pada 20 Desember 2017. Tetapi karena pelaksanaannya terlambat, akhirnya PT itu tak dapat menyelesaikan tepat waktu. Maka pihak pelaksana mengajukan perpanjangan 50 hari, meski dikenakan denda sekitar Rp 355 juta. (syam/TN)


Uji Coba Proyek IPA PDAM, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Lancar Tapi Keruh Uji Coba Proyek IPA PDAM, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Lancar Tapi Keruh Reviewed by samsul huda on February 25, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD