Menteri Pertanian Amran Targetkan Sergap Serap Gabah Petani 4,4 Juta Ton - GROBOGAN TOP NEWS

Menteri Pertanian Amran Targetkan Sergap Serap Gabah Petani 4,4 Juta Ton


JAKARTA (TopNews) - Kementerian Pertanian membentuk lagi tim serap gabah petani (sergap). Tim itu dibuat untuk  menjaga stabilisasi harga gabah di tingkat petani. Tim ditarget bisa menyerap 2,2 juta ton beras petani atau setara 4,4 juta ton gabah hingga Juni 2018.
Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengatakan, pembentukan tim ini untuk mengantisipasi harga gabah petani yang mulai turun. Bahkan di darah-daerah sentra panen di Jawa dan luar Jawa, turun di kisaran angka Rp 4.000/kg.
“Ini sudah keputusan. Kami telah menerbitkan Peraturan Menteri Pertanian terkait hal itu,” kata Menteri Amran saat menggelar panen padi dihamparan lahan seluas 764 ha di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (6/2/2018)
Ia mengatakan, ada empat skema harga pembelian gabah yang sudah diterbitkan pemerintah. Terdiri dari pembelian gabah di luar kualitas, harga pembelian pemerintah (HPP), fleksibilitas, dan pembelian dengan cara komersil.
Pembelian di luar kualitas, menurut Amran, untuk mengatasi harga gabah yang kadar airnya tinggi. Selama ini karena kadar air (KA) tinggi, Bulog kesulitan menyerap/membeli gabah petani. Karena itu, Mentan langsung memasang 30% (KA). Permentan itu sudah dikeluarkan. Kalau kadar airnya tinggi, Bulog bisa langsung beli.
Untuk ketentuan fleksibilitas harga, Amran menjelaskan, nilainya 10% di atas HPP. Berdasarkan Inpres No. 5/2015, HPP untuk gabah kering panen (GKP) Rp 3.700/kg, gabah kering giling (GKG) Rp 4.600/kg dan beras Rp 7.300/kg.
“Sedangkan pembelian secara komersil, harganya tergantung hasil diskusi Bulog dengan Tim Sergap dan petani. Jadi tidak ada celah petani dirugikan,” kata Menteri Amran.
Saat ini katanya, harga gabah di tingkat petani mulai turun.  Harga GKP di tingkat petani di Garut dan lainnya turun dari Rp 5.800 menjadi Rp 4.700/kg.
Tren penurunan harga itu juga terjadi di sejumlah sentra produksi, seperti Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Di Sukabumi harga GKP mencapai angka Rp 3.800/kg. Pihaknya akan langsung menuju lokasi untuk memastikan Bulog membeli harga gabah di tingkat petani di atas HPP atau tidak. (syam/TN)


Menteri Pertanian Amran Targetkan Sergap Serap Gabah Petani 4,4 Juta Ton Menteri Pertanian Amran Targetkan Sergap Serap Gabah Petani 4,4 Juta Ton Reviewed by samsul huda on February 06, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD