KPK & Mendagri Bahas Penguatan Apip - GROBOGAN TOP NEWS

KPK & Mendagri Bahas Penguatan Apip

JAKARTA (TopNews) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kemendagri, menggelar rapat koordinasi di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018). Rapat itu mengundang perhatian awak media karena tidak terbiasa Irjen plus staf, semua Dirjen dan pejabat bereselon di Kemendagri mendatangi KPK.
Rapat itu dipimpin Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan,  rapat tersebut diadakan dalam rangka pelaksanaan tugas pencegahan di jajaran Kemendagri, terutama di level kepala daerah. Sebab tahun 2017, kepala daerah banyak yang tertangkap melalui operasi tangkap tangan (OTT) KPK akibat korupsi.
‘’Rapat ini tak lebih dari wujud koordinasi dan evaluasi perkembangan sejumlah upaya pencegahan korupsi di daerah. Hal itu sebagai salah satu bentuk respon terhadap maraknya korupsi kepala daerah, termasuk yang ditangani KPK," kata Febri Diansyah.
Ia mengatakan, ‎terdapat enam hal yang dibahas dalam rapat koordinasi itu. Dua diantaranya tentang tindak lanjut penguatan aparat pengawas internal pemerintah (APIP). Terkait hal ini dibahas sejauh mana perkembangan revisi PP 18 Tahun 2016 agar bisa diatur konsep pertanggungjawaban Inspektur di daerah pada Menteri, Gubernur, Bupati atau Wali Kota.
"Hal ini penting untuk memastikan independensi APIP secara struktural di daerah ketika menjalankan tugasnya. Lemahnya APIP dinilai menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kasus kepala daerah yang diproses KPK," tegas Febri.
Selain itu, kata Febri, verifikasi dan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa juga menjadi perhatian dalam koordinasi itu. (syam/TN)



KPK & Mendagri Bahas Penguatan Apip KPK & Mendagri Bahas Penguatan Apip Reviewed by samsul huda on January 11, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD