Lelang Proyek 2018 di Grobogan Melalui Aplikasi SIM Lelang - GROBOGAN TOP NEWS

Lelang Proyek 2018 di Grobogan Melalui Aplikasi SIM Lelang


GROBOGAN (TopNews)  – Mulai Januari 2018 proses pengajuan lelang proyek di Grobogan dilakukan melalui aplikasi SIM Lelang. Sebelumnya, proses pengajuan pelelangan dilakukan secara manual dengan mengirimkan berkas ke unit layanan pengadaan (ULP).
‘’Dengan menggunakan aplikasi SIM Lelang diharapkan bisa mempercepat proses lelang. Dengan aplikasi itu, proses pengajuan tinggal dimasukkan lewat fitur khusus yang sudah disediakan,’’ kata Kabag Layanan Pengadaan Pemkab Grobogan Een Endarto di Purwodadi, kemarin.
Ia mengatalan hal itu usai membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Bidang Pengadaan Barang dan Jasa di Gedung Riptaloka Setda Grobogan.
EEn mengatakan, dalam aplikasi itu, telah dilengkapi dengan fasilitas chating. Berkas yang diajukan didapati ada kekurangan atau koreksi, maka bisa disampaikan secara cepat melalui chatingan. Sebaliknya jika semua berkas dinilai lengkap juga akan disampaikan melalui fasilitas aplikasi tersebut.
Dengan aplikasi itu, kata Een, proses pengajuan pelelangan bisa lebih praktis dan tidak perlu mengirimkan berkas tebal seperti yang dilakukan selama ini. Jadi, proses pengajuan pelelangan nanti tidak harus ketemu dengan petugas yang menangani layanan pengadaan.
‘’Semua SKPD nanti harus mengajukan proses pengajuan pelelangan itu melalui aplikasi tersebut. Jadi tidak lagi membawa berkas ke ULP untuk ditayangkan,” katanya,
Dikatakan, pemakaian aplikasi SIM Lelang dilakukan atas saran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dalam pengadaan barang dan jasa selama ini. Yaitu dari sejumlah paket pekerjaan, hanya sekitar 14 persen yang bisa dilelangkan tepat waktu, dan sesuai perencanaan. Sedangkan proses lelang sisanya terpaksa mundur dari rencana yang sudah ditetapkan.
“Mundurnya lelang itu salah satunya disebabkan proses pengajuan pelelangan yang masih dilakukan secara manual sehingga butuh waktu lebih panjang,’’ ujarnya.
Dengan aplikasi ini, diharapkan bisa mempercepat proses pengajuan pelelangan sehingga jadwal lelang bisa tepat waktu.
Untuk kepentingan itu, pihaknya mengundang PPKom dan Pokja di semua SKPD yang menangani urusan pengadaan barang dan jasa untuk latihan menerapkan aplikasi tersebut di Setda Grobogan.
Dalam pembuatan aplikasi SIM Lelang itu, pihaknya menggandeng PT Gama Tecno Yogyakarta untuk bekerja sama. Nara sumber sepenuhnya dari perusahaan tersebut, dan Bagian ULP Pemda Grobogan hanya memfasilitasi jalannya pelatihan. (syam/TN)


Lelang Proyek 2018 di Grobogan Melalui Aplikasi SIM Lelang Lelang Proyek 2018 di Grobogan Melalui Aplikasi SIM Lelang Reviewed by samsul huda on December 17, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD