Dokter KPK Pantau Kesehatan Setya Novanto & Tahanan Korupsi Yang Lain - GROBOGAN TOP NEWS

Dokter KPK Pantau Kesehatan Setya Novanto & Tahanan Korupsi Yang Lain

JAKARTA (TopNews)  - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan, dokter KPK akan memantau kesehatan semua tahanan yang menempati Rumah Tahanan Kelas 1 Jakarta Timur Cabang Rutan KPK, Jalan Kuningan Persada Kav. 4, Jakarta Selatan.
‘’Hal ini memperlihatkan bahwa terdakwa korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) Setya Novanto tak luput dari pantauan dokter KPK,’’ kata Saut di Jakarta, Minggu (17/12/2017).
Ia mengatakan, dokter KPK tidak hanya memantau kesehatan Setya Novanto. Tetapi  memantau kesehatan semua tahanan KPK di Jakarta dan sekitarnya. Karena hal itu, merupakan kewajiban KPK untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada semua tahanan.
Pihaknya meminta Setya Novanto dan tahanan lainnya rutin melatih fisik setiap hari. Tujuannya untuk tetap menjaga stamina tubuh sekaligus menghilangkan rasa bosan di dalam penjara.
Ada beragam latihan fisik yang disarankan KPK seperti bermain ping pong atau mengitari ruang terbuka setiap harinya. Walau mungkin kadang mereka bisa jadi bosan karena ruangannya tidak sebesar rumah gym di luar.
Bila bosan, pimpinan KPK itu menyarankan,  agar melakukan aktivitas lain misalnya menonton televisi sambil bercengkerama atau bersosisalisasi satu dengan lainnya. Selain itu, bisa juga para tahanan, tak terkecuali Setya, membersihkan ruangan atau salat bersama.
Saut mengatakan, pengawas tahanan memantau seluruh kegiatan para tahanan secara periodik ketika tak ada sidang.
Sebelumnya, Setya mengklaim tak diberikan obat oleh dokter KPK. Ia mengaku diare dan bolak-balik toilet sebanyak 20 kali. Pernyataan itu dilontarkan saat sidang pokok perkara e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Tipikor, Kamis, 14 Desember 2017.
Namun, jaksa penuntut umum KPK membantahnya. Menurut jaksa Irene Putri, mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu hanya batuk. Karenanya, obat yang diberikan adalah obat batuk.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah memastikan, pemeriksaan kesehatan tahanan akan dilakukan terlebih dahulu sebelum diberangkatkan ke persidangan.
Menurut dokter, lanjut Febri, Setya layak mengikuti persidangan bila melihat kondisi kesehatannya. Ia memastikan Setya tak diare. "Bila ada tahanan mengaku sakit, dokter KPK akan memeriksanya," katanya.
Febri meminta agar Setya Novanto fokus pada pokok perkara dan memberikan bukti di persidangan. Para terdakwa dan saksi diharapkan tak menjadikan alasan sakit untuk menghindari atau menunda proses hukum. (syam/TN)



Dokter KPK Pantau Kesehatan Setya Novanto & Tahanan Korupsi Yang Lain Dokter KPK Pantau Kesehatan Setya Novanto & Tahanan Korupsi Yang Lain Reviewed by samsul huda on December 17, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD