Grobogan Pecahkan Rekor Tempe Terbesar Dunia - GROBOGAN TOP NEWS

Grobogan Pecahkan Rekor Tempe Terbesar Dunia

 GROBOGAN (TopNews) – Tempe raksasa berbahan dua ton kedelai lokal berhasil diwujudkan Pemda Grobogan (Jateng), Kamis (30/11/2017).  Pembuatan tempe itu berhasil mendapatkan pengakuan dan sertifikat dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas pembuatan tempe terbesar se dunia.
Sertifikat itu diberikan Manajer MURI Sri Widayati kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni di sela – sela acara pembukaan Expo Grobogan Ekonomi Kreatif di Alun-alun Purwodadi Grobogan.
Sri Widayati mengatakan, tempe terbesar itu terbuat dari dua ton kedelai lokal . Tempe tersebut berukuran 7 x 10 meter. Tempe terbesar  ini tak hanya sebagai rekor nasional tapi juga dikukuhkan sebagai rekor dunia.
"Tempe terbesare ini telah memecahkan rekor jenis serupa yang dibuat di Malang. Tempe itu berukuran 6 x 9 meter. Jadi, rekor terbesar dipegang Grobogan, karena ukurannya melebihi Malang," katanya.
Tempe raksasa berukuran 7 x 10 meter berketebalan 5 sentimeter. Jika dipotong dengan ukuran 6 -10 senti meter maka akan menjadi 21 ribu potong.
Tempe itu dibuat dalam waktu empat hari. Pengerjaannya dilakukan 75 orang perajin tempe, PPS (penyuluh pertanian swadya), dan pegawai Dinas Pertanian.
Penyerahan sertifikat MURI disaksikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Sumardjo Gatot Irianto. (syam/TN)
Grobogan Pecahkan Rekor Tempe Terbesar Dunia Grobogan Pecahkan Rekor Tempe Terbesar Dunia Reviewed by samsul huda on December 01, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD