Di Hadapan 500 Kepala Daerah, Jokowi: Serapan Anggaran Rendah, Pasti Saya Tegur - GROBOGAN TOP NEWS

Di Hadapan 500 Kepala Daerah, Jokowi: Serapan Anggaran Rendah, Pasti Saya Tegur


JAKARTA (TopNews) - Presiden Joko Widodo menegaskan, bahwa pihaknya bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan pemerintahan yang berlangsung di daerah.
Demikian ditegaskan Presiden Jokowi di hadapan 500 bupati, wali kota, dan gubernur se Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/10/2017).
Saat menegaskan hal itu, Presiden Jokowi menampilkan sebuah struktural pimpinan pemerintahan dari bupati/wali kota, gubernur hingga presiden melalui layar besar. Struktural tersebut menunjukkan bahwa posisi Presiden berada di atas pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.
Ada tulisan bahwa Presiden berwenang menetapkan kebijakan, melakukan pembinaan dan pengawasan urusan pemerintah daerah, dan memegang tanggung jawab akhir atas penyelenggaraan urusan pemerintahan baik pusat dan daerah.
"Ini jelas sekali posisi Presiden RI ada di mana dan Pemda di mana, jelas sekali. Jadi kalau saudara saya cek, saya tegur, itu memang tugas saya," kata Jokowi.
Jokowi meminta kepala daerah yang hadir untuk melihat lagi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. UU ini katanya, jelas mengatur tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah.
"Jangan berpikir karena ada otonomi daerah jadi lepas penuh. Tidak seperti itu," ujar Jokowi.  Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memang sempat menegur gubernur, bupati, dan wali kota yang daerahnya memiliki pertumbuhan ekonomi hingga serapan anggaran yang rendah. (syam/TN)
Di Hadapan 500 Kepala Daerah, Jokowi: Serapan Anggaran Rendah, Pasti Saya Tegur Di Hadapan 500 Kepala Daerah, Jokowi: Serapan Anggaran Rendah, Pasti Saya Tegur Reviewed by samsul huda on October 24, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD