Belum Semua Perwakilan Saber Pungli di Daerah Bergerak Lakulan Operasi - GROBOGAN TOP NEWS

Belum Semua Perwakilan Saber Pungli di Daerah Bergerak Lakulan Operasi


 JAKARTA (TopNews) - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dilaporkan sudah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sebanyak 1.079 kali.  OTT itu berlangsung sejak Saber Pungli dibentuk Oktober 2016 hingga sekarang.
Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dalam jumpa pers tiga tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/10/2017).
"Jadi ini bukan hanya kerugian negara, tapi merupakan kerugian masyarakat juga. Itu sebabnya pungli harus terus kita tindak," kata Wiranto.
Ia mengatakan, kebanyakan operasi tangkap tangan yang dilakukan diawali dari adanya aduan masyarakat. Hingga saat ini, tercatat ada 32.808 aduan yang masuk ke Markas Saber Pungli. Sementara, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka sebanyak 2.152 orang. Dan dana yang berhasil diamankan sebesar Rp 315,6 miliar.
"Uang barang bukti yang kita amankan itu termasuk masih sedikit. Hal ini  karena pungli yang kecil-kecil kita sapu bersih juga,"  kata Wiranto.
Menurutnya, dalam waktu setahun ini, Saber Pungli juga sudah membuka kantor perwakilan di setiap provinsi, kabupaten/kota. Namun belum semua perwakilan di kabupaten kota bergerak mengadakan operasi pembersihan pungli di berbagai instansi pelayanan masyarakat. (syam/TN)
Belum Semua Perwakilan Saber Pungli di Daerah Bergerak Lakulan Operasi Belum Semua Perwakilan Saber Pungli di Daerah Bergerak Lakulan Operasi Reviewed by samsul huda on October 21, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD