PT Semen Grobogan Urus IMB - GROBOGAN TOP NEWS

PT Semen Grobogan Urus IMB


GROBOGAN (Top News)  - PT Semen Grobogan dipastikan membangun pabrik semen berskala nasional di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jateng, tahun 2017. Kepastian itu ditandai dengan  masuknya izin mendirikan bangunan (IMB) ke Dinas Perumahan Permukiman Grobogan beberapa bulan lalu.
Bahkan PT Semen Grobogan juga sudah merevisi dan melengkapi persyaratan addendum amdal rencana kelola lingkungan dan rencana pemantauan lingkungan (RKL-RPL) ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jateng dan Kementerian Lingkungan Hidup sesuai yang direkomendasikan pakar-pakar lingkungan.
‘’PT Semen Grobogan akan datang lagi setelah rekanan dari Cina mengirimkan alat-alat berat ke lokasi,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Grobogan M Chanif di Purwodadi, kemarin.
Ia mengatakan, IMB yang disodorkan PT Semen Grobogan masih dalam bentuk sketsa bangunan dan teknis penanganan pencemarannya. Untuk ijin bangunan langsung ditangani pihaknya. Sedangkan administrasi pembayaran ijin IMB ditangani Dinas Penanaman Modal Perizinan Satu Pintu.
‘’Kalau tidak salah PT Semen Grobogan sudah membayar IMB Rp 1,6 miliar,’’ kata Chanif. Pada era akhir masa jabatan Bupati Bambang Pujiono, tahun 2016  PT Semen Grobogan telah melaporkan ke Pemkab, bahwa PT itu positif membangun pabrik semen berskala nasional di Sugihmanik Tanggungharjo.
Bahkan saat itu Bupati Bambang menyatakan optimisnya, bahwa pembangunan ekonomi di daerahnya akan lebih baik di tahun 2016 dan seterusnya setelah pabrik semen berskala nasional tersebut berdiri di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo.

"Pembangunan pabrik semen itu akan dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat. Tidak hanya sekedar harapan, tetapi optimistis pabrik tersebut akan segera dilanjutkan pembangunannya," katanya.
Diceritakan, tahun 1996 jajaran direksi pabrik semen itu dulu menemui banyak kendala terkait ‘’kontrak jadi’’ dengan rekanan spesialisasi industri semen dari Jepang, Jerman, Australi dan Amirika. Sebab harga satuan mesin pengolah limbah, mesin produksi dan alat-alaat berat lainnya yang ditawarkan tingi-tinggi tak sesuai kemampun PT Semen Grobogan.
Itu sebabnya PT Semen Grobogan beralih ke rekanan Cina. Diupayakan tahun 2017 pabrik semen itu bisa berdiri dan Pemkab Grobogan memberi dukungan penuh agar pembangunan pabrik semen segera terwujud.
Catatan Bagian Perekonomian Pemkab Grobogan, ratusan hektare tanah rakyat di Tangungharjo, Sugihmanik, Kaliwenang, Mrisi dan sekitarnya sudah selesai dibebaskan tahun 1994. Termasuk lokasi penambangannya di Maskumambang dan lainnya.
Karena krisis ekonomi tahun 1998, maka PT Semen Grobogan menjadi tertunda pelaksanaannya hingga sekarang. Dilaporkan bila pabrik semen itu sudah berdiri akan mampu menghasilkan produksi semen 2,3 juta ton/tahun selama 40 tahun ke depan.
Nilai investasinya diperkirakan mencapai Rp 4 triliun, apabila dihitung sesuai kurs rupiah sekarang. Jika dihitung mulai dirintis pendiriannya tahun 1996 maka nilai investasinya berkisar Rp 900 miliar.
PT Semen Grobogan telah menguasai beberapa lokasi penambangan bahan baku semen. Di antaranya di Maskumambang dan sekitarnya tersimpan batu kapur 51,7 juta ton. Bahkan di Sugihmanik, Mrisi dan Kaliwenang tersedia 91,07 juta ton tanah liat sebagai bahan baku utama semen. (syam/TN)
PT Semen Grobogan Urus IMB PT Semen Grobogan Urus IMB Reviewed by samsul huda on August 27, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD