Obligator Sjamsul Nursalim & Istri Kembali Mangkir Dari Panggilan KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Obligator Sjamsul Nursalim & Istri Kembali Mangkir Dari Panggilan KPK


JAKARTA (Top News) - Obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Sjamsul Nursalim kembali mangkir dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedianya, bersama sang istri, Itjih Nursalim akan dimintai keterangannya sebagai saksi untuk tersangka Syafruddin Arsyad Temenggung, mantan kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).
Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, surat panggilan untuk keduanya telah dikirim ke Singapura. Sjamsul saat ini menetap di Singapura.
"Surat panggilan sudah disampaikan ke kediaman yang bersangkutan di Singapura. Kami berkoordinasi dan meminta bantuan otoritas setempat, namun dua saksi tersebut mangkir dari panggilan," kata Febri, Jumat (25/8/2017).
Sjamsul dipanggil penyidik KPK menyusul putusan praperadilan yang diajukan Arsyad. Pada putusannya, hakim tunggal menolak gugatan Syafruddin selaku penggugat atas status tersangka yang diberikan KPK.
Adanya putusan itu menjadi dasar penyidik KPK terus memilah aset-aset milik pemegang saham terbesar Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) yang terindikasi mendapat keuntungan dari BLBI.
"Penyidik terus memetakan aset-aset yang terkait dengan obligor yang ada di Indonesia untuk kepentingan pemulihan kerugian keuangan negara nantinya," ujarnya.
Upaya pengejaran aset milik Sjamsul ditandai dengan pemeriksaan mantan ketua tim LWO-I AMC BPPN tahun 2000-2002, Thomas Maria.
"Terhadap saksi Thomas Maria, kami dalami proses dan alur di BPPN hingga diterbitkannya SKL terhadap Sjamsul Nursalim," tandasnya.
Sjamsul diketahui merupakan salah satu dari sekian obligor BLBI. Dalam perjalanannya, Sjamsul masih memiliki kewajiban pengembalian dana sebesar Rp 4,8 Triliun. Namun Syafruddin telah mengeluarkan surat keterangan lunas untuk Sjamsul. Padahal Sjamsul Nursalim baru mengangsur kewajibannya Rp 1,1 Triliun.
KPK menegaskan, perbuatan Sjamsul telah merugikan negara Rp 3,7 Triliun sebagaimana kewajiban yang harus dilunasi Sjamsul.
Sjamsul disangkakan telah melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.
Seperti diketahui, dalam hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dari dana BLBI sebesar Rp 144,5 triliun yang dikucurkan kepada 48 bank umum nasional, sebanyak Rp 138,4 triliun dinyatakan merugikan negara. Sedangkan dalam audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap 42 bank penerima BLBI menemukan penyimpangan sebesar Rp 54,5 triliun. Sebanyak Rp 53,4 triliun merupakan penyimpangan berindikasi korupsi dan tindak pidana perbankan. (syam/TN)
Obligator Sjamsul Nursalim & Istri Kembali Mangkir Dari Panggilan KPK Obligator Sjamsul Nursalim & Istri Kembali Mangkir Dari Panggilan KPK Reviewed by samsul huda on August 26, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD