Menag: Pengawasan Ketat, Tak Usah Khawatir Dana Haji Disalahgunakan - GROBOGAN TOP NEWS

Menag: Pengawasan Ketat, Tak Usah Khawatir Dana Haji Disalahgunakan


JAKARTA (Top News) - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, dana haji yang dikelola Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) ditangani dengan penuh hati-hati dan transparan. Nantinya, penggunaan dana haji itu akan diawasi secara ketat oleh tim terkait. Termasuk oleh Tim Internal Kementerian Agama (Kemenag), dan lainnya.
"Bila ada yang khawatir disalahgunakan, saya pikir kekhawatiran itu tidak berdasar karena sekarang saja mekanisme kontrol yang diatur oleh undang-undang begitu ketat, Mungkin mereka belum mengetahui sistem kontrol yang kita lakukan," kata Lukman di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (5/8/2017).
Menag Lukman mengatakan, BPKH akan membuat rencana strategi (renstra) dalam penggunaan dana haji itu. BPKH akan melaporkan hasil penggunaan dana haji tersebut secara periodik kepada Presiden Jokowi dan DPR.
"Mereka harus membuat restra, dan harus mendapatkan persetujuan dari DPR dan setiap 6 bulan mereka juga harus menyampaikan laporannya, tidak hanya kepada Bapak Presiden RI tapi juga pada DPR dan transparansi menjadi pertaruhan bagi BPKH ini. Maka badan itu harus membuktikan kinerjanya dengan baik," jelasnya.
Menurut Lukman, saat ini sedang dilakukan pengkajian terkait kewenangan BPKH dalam mengelola dana haji. Dia ingin nantinya BPKH tak diberi kebebasan secara menyeluruh.
"Ini sedang dikaji apakah perlu ada pagar yang membatasi seberapa besar kewenangan yang diberitakan kepada BPKH. Tapi prinsipnya adalah harus ada titik moderasi dimana jangan terlalu dipasung BPKH ini tapi juga tidak elok jika diberikan keleluasaan tanpa batas. Tentu ada rambu-rambu prinsip dasar di PP nanti bagi mereka untuk bekerja," kata Menag Lukman.
Lukman menyebut sejak dibentuknya BPKH, Kementerian Agama tak lagi mengurus pengelolaan dana haji. Dia juga menyerahkan sepenuhnya prioritas yang akan diambil BPKH.
"Ya itu saya serahkan sepenuhnya pada BPKH. Mereka adalah orang-orang profesional dan mereka yang nantinya akan menentukan penempatannya di mana saja," tuturnya. (syam/TN)


Menag: Pengawasan Ketat, Tak Usah Khawatir Dana Haji Disalahgunakan Menag: Pengawasan Ketat, Tak Usah Khawatir Dana Haji Disalahgunakan Reviewed by samsul huda on August 06, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD