Jokowi: Dulu Disebut Ndeso, Klemar-klemer, Sekarang Diktator, Yang Benar Mana - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi: Dulu Disebut Ndeso, Klemar-klemer, Sekarang Diktator, Yang Benar Mana



SOLO (Top News) -  Presiden Joko Widodo hingga dua kali menyinggung di depan publik bahwa tidak ada kekuasaan absolut atau otoriter di Indonesia.
Presiden Jokowi usai meresmikan Museum Keris di Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/8/2017), menjelaskan alasan mengapa dia sempat menegaskan bahwa tidak ada pemerintahan otoriter di Indonesia.
"Ya memang tidak ada yang seperti itu (kekuasaan absolut atau otoriter)," kata Jokowi. Dia  merasa heran atas isu yang menerpa dirinya. Sebab, ketika awal menjabat menjadi Presiden RI ke-VII, Jokowi diterpa isu bahwa dirinya tidak tegas, klemar-klemer hingga Presiden ndeso.
Namun, kini isunya malah berbalik. Jokowi dituding otoriter. Jokowi tidak habis pikir atas isu-isu semacam itu.
"Awal-awal kan banyak yang menyampaikan, saya Presiden 'ndeso', Presiden tidak tegas, klemar-klemer. Eh begitu kami menegakkan undang-undang, malah balik lagi. Loncat menjadi otoriter, diktator. Yang benar yang mana? Yang klemar-klemer, yang ndeso atau yang diktator dan otoriter" Tanya Jokowi.
Ia menegaskan menegaskan lagi bahwa konstitusi di Indonesia tidak memungkinkan terwujudnya kekuasaan absolut atau pemimpin otoriter.
Indonesia memiliki lembaga formal yang memiliki peran sendiri-sendiri. Ada lembaga yang memang berfungsi mengawasi serta  mengontrol, ada pula lembaga yang berfungsi mengeksekusi program.
Selain itu, ada pula lembaga nonformal yang ikut mengawasi tata laksana pemerintahan.
"Juga ada pers, ada lembaga swadaya masyarakat, ada masyarakat itu sendiri, semua mengawasi. Jadi negara ini negara hukum yang demokratis, yang dijamin oleh konstitusi. Enggak akan ada yang namanya diktator dan otoriter. Enggak akan ada," jelasnya.
Saat ditanya lagi, siapa yang hendak Jokowi klarifikasi soal pernyataannya tersebut, dia tak menjawab secara rinci. "Ya suara-suara yang adalah," kata Presiden Jokowi. (syam/TN)
Jokowi: Dulu Disebut Ndeso, Klemar-klemer, Sekarang Diktator, Yang Benar Mana Jokowi: Dulu Disebut Ndeso, Klemar-klemer, Sekarang Diktator, Yang Benar Mana Reviewed by samsul huda on August 09, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD