Jokowi: Awas Main-main Dengan Izin Pengelolaan Hutan - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi: Awas Main-main Dengan Izin Pengelolaan Hutan


JAKARTA (Top News) – Presiden  memerintahkan kepada seluruh instansi terkait untuk menghentikan pemberian izin pengelolaan hutan jika nantinya akan disalahgunakan.
"Corrective action itu dilakukan pertama untuk perizinan, ini betul-betul harus diurus. Jangan asal orang datang diberi (izin), sudah itu stop, saya ingatkan itu stop. Ini semua (yang hadir) teman-teman saya semua, tapi kalau sudah diingatkan untuk stop ya harus hati-hati," kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2017 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017).
Jokowi mengatakan, jika dari awal kawasan hutan itu, adalah hutan lindung, maka semua pihak wajib melindungi.
"Kalau namanya taman nasional perlu dilindungi ya lindungi dengan baik, jangan hanya namanya taman nasional tapi digerogoti sedikit-sedikit, tahu-tahu sudah ratusan, ribuan hektare kita biarkan. Jangan ini diteruskan seperti itu," ujarnya.
Jokowi yang merupakan lulusan Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga mengaku tahu apa saja masalah kehutanan selama ini. "Nanti dalam forum tertutup akan saya buka semuanya kalau pengen saya buka, saya kan di dalam, saya mengerti benar," tutur Presiden Jokowi.
Kemudian, ia juga meminta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beserta jajarannya untuk segera membuat terobosan baru dalam pengelolaan lahan gambut.
"Kedua, berkaitan dengan gambut, 'corrective action' kita harus ubah betul-betul, masalah moratorium gambut betul-betul lapangannya dilihat. Saya senang karena di lapangan sudah ada sedikit hasil yang kelihatan tapi saya ingin hasil konkrit yang besar," katanya.
Tujuan utama pengelolaan hutan, menurut Jokowi, adalah agar rakyat di sekitar hutan mendapatkan kesejahteraan.
"Jangan sampai hutan tidak memberikan apa-apa kepada rakyat. Kenapa Swedia dan Finlandia hutannya bisa memakmurkan rakyatnya? Kenapa kita tidak? Coba kita lihat blak-blakan. Hutan jati kita, Perhutani kita apakah memberikan manfaat kepada lingkungan? Saya harus ngomong apa adanya karena di lingkungan hutan-hutan jati justru yang banyak kemiskinan, benar?" ujarnya seraya bertanya kepada para undangan yang hadir.
"Jawabnya takut-takut, blak-blakan saja, benar tidak? Itu yang harus dikoreksi besar-besarnya, hutan jati memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan, Saya tidak usah bicara karena saudara-saudara tahu apa yang harus dilakukan," jelas Jokowi.
Cara peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan, lanjut Jokowi, dapat dilakukan dengan cara 'agroforestry' atau perpaduan pengelolaan hutan tanaman kayu dengan penanaman komoditas pertanian dan 'silvopasture' atau praktek menggabungkan kehutanan dan penggembala.
"Kita harus tingkatkan kesejahteraan masyarakat hutan di sekitar kita. Kita juga butuh ketahanan pangan yang bisa kita kembangkan melalui agroforestry  dan silvopasture. Saya tidak usah terangkan apa agroforestry dan silvopasture  tapi tidak dilakukan serius, mulai hari ini saya minta agar benar-benar dikerjakan serius," ungkapnya tegas.
Jokowi juga berharap, agar nanti akan ada hutan tanaman energi yang memberikan manfaat ekonomi kepada rakyat.
"Banyak hal baru yang bisa kita kerjakan dalam mengelola hutan ini. Saya akan ikuti terus, akan saya cek, kalau masih ada yang main-main awas. Saya hanya titip hati-hati," tuturnya. (syam/TN)


Jokowi: Awas Main-main Dengan Izin Pengelolaan Hutan Jokowi: Awas Main-main Dengan Izin Pengelolaan Hutan Reviewed by samsul huda on August 03, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD