459 Laporan Dana Desa ke KPK - GROBOGAN TOP NEWS

459 Laporan Dana Desa ke KPK


JAKARTA (Top News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari Januari-Juni 2017 menerima 459 laporan terkait dengan dana desa yang masuk ke Bagian Pengaduan. Laporan itu disampaikan ke KPK melalui telepon, SMS, surat elektronik, dan sebagian pelapornya langsung datang ke KPK.
Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengatakan, laporan itu berasal dari sejumlah desa di Indonesia. "Laporan dari masyarakat untuk dana desa Januari - Juni 2017 saja tercatat 459 buah. Umumnya laporan itu terkait pengelolaan dana desa," kata Pahala di Gedung KPK Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2017).
Laporan mengenai dana desa itu isinya bermacam-macam. Namun, jika dikelompokkan, ada 10 jenis penyimpangan pengelolaan dana desa yang dilaporkan.
Kesepuluh penyimpangan yang dilaporkan ini adalah tidak adanya pembangunan di desa,  pembangunan/pengadaan barang/jasa tidak sesuai dengan spesifikasi/RAB,  dugaan adanya mark up oleh aparat desa,  tidak adanya transparansi,  masyarakat tidak dilibatkan,  penyelewengan dana desa untuk kepentingan pribadi,  dan lemahnya pengawasan dana desa oleh inspektorat.
Ada juga penyimpangan dalam bentuk kongkalikong pembelian material bahan bangunan, proyek fiktif, serta penggelapan honor aparat desa.
Menurut Pahala, dari ke-459 laporan itu, belum tentu ada penyelewengannya. Beberapa di antaranya hanya karena kesalahan administrasi atau proses yang tidak transparan.
KPK, kata Pahala, meneruskan laporan tersebut kepada Kementerian Desa untuk ditindaklanjuti. Kebetulan di Kementerian Desa saat ini sudah dibentuk Satgas Dana Desa, yang dipimpin mantan pimpinan KPK, Bibit Samad Rianto.
Sebelumnya, Bibit mengakui ada potensi dan kekhawatiran terjadinya penyelewengan dana desa, baik oleh pemerintah daerah maupun aparat desa. Untuk itu, Satgas Dana Desa akan membuat sebuah sistem dan aturan yang tidak memungkinkan terjadinya sebuah pelanggaran.
"Kalau ada pelanggaran pidana, kita serahkan ke polisi. Jangan seperti Pamekasan, dilaporkan tapi ditilep, tidak diproses," ujarnya. (syam/TN)


459 Laporan Dana Desa ke KPK 459 Laporan Dana Desa ke KPK Reviewed by samsul huda on August 09, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD