PT Semen Grobogan Dipertanyakan - GROBOGAN TOP NEWS

PT Semen Grobogan Dipertanyakan

 GROBOGAN (Top News) -  Keberadaan PT Semen Grobogan dipertanyakan warga Desa Sugihmanik dan Kaliwenang Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jateng. Sebab sejak mengantongi ijin eksplorasi tahun 1992 sampai sekarang belum ada tanda-tanda pabrik berskala nasional itu dibangun di desa tersebut.
‘’Ratusan hektare tanah pertanian di Desa Sugihmanik dan Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo, sudah dibebaskan tahun 1990. Tetapi entah karena apa pabrik tak kunjung dibangun. Itu sebabnya warga mempertanyakan keseriusan dari PT Semen Grobogan selaku investor pabrik semen tersebut,’’ kata beberapa warga Sugihmanik, Tanggungharjo, Selasa (18/7/2017).
Mereka mengaku menyangsikan investor PT Semen Grobogan merealisasikan ijin eksplorasi yang telah dikantonginya sejak lama. Bahkan warga yang telah membebaskan tanah untuk kepentingan pabrik semen itu, meragukan PT tersebut melakukan peletakan batu pertama di bulan Juli 2017.  Mengapa ? Karena di lapangan tidak ada kegiatan sama sekali.
‘’Beberapa bulan lalu PT Semen Grobogan memang membuat embung untuk penampungan air dan mencari titik – titik sumber mata air di sepanjang lokasi dan kemudian mempodasi kantor berukuran kecil. Setelah itu macet tidak ada kegiatan sampai sekarang,’’ kata Suwardi, warga Sugihmanik, Tangungharjo.
Ia mengatakan, dengar-dengar PT Semen Grobogan akan melakukan penghurugan untuk lokasi pabrik dan gudang. Tanah hurugnya milik PT itu di perbukitan Kendeng Selatan, yang telah dibebaskan tahun 1990. Lokasinya tak jauh dari calon lokasi pabrik. Setelah itu PT tersebut akan melakukan pemerataan dengan menggunakan sirtu yang melibatkan warga sekitar.
‘’PT Semen Grobogan tak punya lahan sirtu, maka terpaksa beli dari warga sekitar yang mempunyai lokasi penambangan di Ngembak, Kedungjati,’’ kata Suwardi. Meski demikian dia dan warga lainnya minta Pemkab Grobogan dan Pemprov Jateng memastikan kapan peletakan batu pertama pabrik semen di Sugihmanik Tangungharjo ini direalisasikan. Sehingga warga tak menunggu-nunggu  tanpa ada kejelasan.
Beberapa tahun silam, PT Semen Grobogan merelis, bahwa investasi yang ditanamkan untuk kepentingan pabrik  itu mencapai Rp 7 – 10 triliun. Dari jumlah itu, sebagian besar habis untuk pengadaan alat-alat berat dan mesin pengolah bahan baku semen. Dilaporkan, PT Semen Grobogan bakal memproduksi 2 juta ton/tahun dengan masa ekplorasi selama 40 tahun.
PT Semen Grobogan telah membebaskan lahan warga Sugihmanik dan Kaliwenang Kecamatan Tanggungharjo 252 hektare. (syam/TN)


PT Semen Grobogan Dipertanyakan PT Semen Grobogan Dipertanyakan Reviewed by samsul huda on July 19, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD