Penyakit Kaki Gajah Akibat Gigitan Nyamuk - GROBOGAN TOP NEWS

Penyakit Kaki Gajah Akibat Gigitan Nyamuk

GROBOGAN (Top News) – Daerah Kabupaten Grobogan jauh dari Kepulauan Timor, dan Flores, yaitu daerah penyebaran penyakit kaki gajah kali pertama ditemukan. Namun diduga akibat nyamuk yang menggigit penderita kaki gajah, menyebabkan penyakit itu mudah mewabah dari daerah satu ke daerah lain, termasuk di daerah kabupaten ini.
Sampai periode Juli 2017 dilaporkan Dinas Kesehatan sudah kedapatan 12 orang yang terserang penyakit kaki gajah. Mereka tersebar di beberapa daerah kecamatan di antaranya Pulokulon, Ngaringan, Tawangharjo, Geyer, Godong,  Gubug,  dan Tegowanu. Bahkan dari 100 sample pengambilan darah melalui jari-jari warga di Kecamatan Tawangharjo, Pulokulon dan Geyer didapati 1 persen terkena serangan penyakit itu. Sehingga Kabupaten Grobogan masuk catatan sebagai daerah endemis penyakit kaki gajah.
Untuk menanggulangi hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Grobogan mengadakan pemberantasan melalui Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah (Belkaga). Mulai hari Selasa (11/7/2017) ini setiap warga umur 2 -70 tahun di Kabupaten Grobogan diberikan Dinkes bekerja sama dengan Pos Yandu di setiap RT,  satu bungkus obat anti penyakit kaki gajah dalam bentuk pil.
Setiap bungkus berisi empat butir pil. Untuk dewasa dan orang tua bungkusnya berwarna hijau, anak-anak dan remaja warna lainnya. Obat itu harus diminum habis dalam satu kali minum.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan Lely Astati mengatakan, obat itu diberikan pemerintah secara cuma-cuma alias gratis. Tujuannya supaya warga di Kabupaten Grobogan terhindar dari serangan wabah penyakit kaki gajah. Karena 12 orang warga di beberapa daerah kecamatan sudah terjangkiti penyakit tersebut.
 ‘’Supaya tidak menular maka secepatnya dilakukan pengobatan masal,’’ katanya. Dalam istilah kesehatan penyakit itu disebut Filariasis (kaki gajah), Penyakit ini menular dari cacing melalui gigitan berbagai jenis nyamuk. Cacing jenis Wuchereria Bancrofti inilah yang menggerogoti darah manusia hingga menyebabkan bengkak dan sakit.
Cacing jenis itu sering ditemukan di negeri tropis seperti Indonesia. Kemudian ada jenis lain bernama Brugia Malayi merupakan jenis endemis di daerah pedesaan di India, Asia Tenggara, daerah pantai utara China dan Korea Selatan. Dan yang terakhir jenis Brugia Timori yang banyak ditemukan di daerah pedesaan di Kepulauan Timor, Flores, Alor dan Roti di Tenggara Indonesia.
Penyakit kaki gajah bersifat menahun (kronis). Apabila tidak mendapat pengobat an dengan segera bisa menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Akibatnya penderita tidak dapat bekerja optimal bahkan hidupnya lebih banyak bergantung pada orang lain.Seseorang dapat tertular atau terinfeksi penyakit kaki gajah apabila orang tersebut digigit nyamuk yang infektif, yaitu nyamuk yang mengandung larva stadium III (L3). Nyamuk tersebut mendapat cacing filarial kecil (mikrofilaria) sewaktu mengisap darah penderita yang mengandung mikrofilaria atau binatang reservoir yang mengandung mikrofilaria.
Siklus penularan penyakit kaki gajah ini melalui dua tahap, yaitu perkembangan dalam tubuh nyamuk (vektor) dan tahap kedua perkembangan dalam tubuh manusia (hospes) dan reservoir.
Apabila pasien menderita filariasis akut akan terlihat gejala klinis berupa demam berulang-ulang selama 3-5 hari. Demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat. Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) di daerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit.
Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan ke arah ujung (retrograde lymphangitis). Akibat seringnya menderita pembengkakan, kelenjar getah bening dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah. Terjadi pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema). (syam/TN)


Penyakit Kaki Gajah Akibat Gigitan Nyamuk Penyakit Kaki Gajah Akibat Gigitan Nyamuk Reviewed by samsul huda on July 11, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD