Mendes Rombak Saber Pungli Kemendes - GROBOGAN TOP NEWS

Mendes Rombak Saber Pungli Kemendes



JAKARTA ( Top News) – Menteri Desa (Mendes) Eko Putro Sandjojo mengaku langsung merombak susunan Tim Saber Pungli di Kemendes yang sebelumnya dipimpin Irjen Kemendes Sugito. Menteri Eko Putro menggandeng banyak pihak dari luar Kemendes PDTT agar keberadaan Satgas Saber Pungli di kementeriannya tidak mudah goyah seperti sebelumnya.
‘’Tim Satgas Saber Pungli Kemendes sudah kami perbaiki. Saya angkat Pak Bibit Samad, mantan pimpinan KPK dan beberapa bekas anggota KPK sebagai anggota Satgas Saber Pungli Kemendes,’’ kata Mendes Eko Putro Sandjojo usai diperiksa di Gedung KPK Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/22017).
Ia mengatakan hal itu ketika ditanya mengenai keberadaan Satgas Saber Pungli Kemendes setelah ketuanya Irjen Kemendes Sugito ditangkap KPK terkait suap auditor BPK. Menteri Desa Eko Putro diperiksa KPK terkait suap auditor BPK atas pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) Pengelolaaan Keuangan Kemendes tahun 2016. 
Selain Bibit, kata Mendes Eko Putro, ada beberapa jenderal Polisi, TNI‎ dan beberapa orang Inspektorat Jenderal di Kementerian lain yang dimasukkan menjadi Tim Satgas Saber Pungli di Kemendes.
‘’Mereka saya masukkan sebagai anggota Satgas Saber Pungli Kemendes. Diharapkan mereka tangguh dalam memberantas pungli di jajaran Kemendes. Saat  ini Satgas Saber Pungli itu mulai aktif  bekerja," ujarnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Satgas Saber Pungli di Kemendes PDTT Sugito ditangkap KPK atas kasus suap terhadap pejabat BPK RI terkait dengan Pemberian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Kemendes PDTT TA 2016.
‎Mendes Eko Putro ‎mengaku sangat menyayangkan hal itu. Terlebih ia mengenal Sugito sebagai sosok yang berintegritas tinggi dan menjadi agen perubahan demokrasi. Terlebih lagi, ide pembentukan Satgas Saber Pungli di Kemendes, lahir dari pemikiran Sugito yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja dan integritas di Kemendes.
Saat Sugito ditangkap KPK, Eko Putro sempat tidak percaya. Karena sugito di matanya adalah pejabat eselon satu yang berintegritas dan cukup baik dalam menggerakkan Satgas Saber Pungli di lingkungan Kemendes. Pejabat ini dinilainya sebagai sosok yang sederhana. Rumahnya saja berada di gang sempit yang tidak terkesan mewah. (syam/TN)

Mendes Rombak Saber Pungli Kemendes Mendes Rombak Saber Pungli Kemendes Reviewed by samsul huda on July 15, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD