Suap WTP, KPK Periksa Tiga Tersangka - GROBOGAN TOP NEWS

Suap WTP, KPK Periksa Tiga Tersangka



JAKARTA (Top News) - Komisi Pemberantasan Korupsi Korupsi (KPK) memeriksa tiga orang tersangka sebagai saksi atas tersangka Irjen Kemendes Sugito. Mereka diperiksa terkait kasus suap auditor BPK atas pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).
Dua saksi merupakan auditor BPK, Rochmadi Saptogiri. Ia datang awal, disusul kemudian auditor Ali Sadli. Saksi ketiganya adalah pejabat Biro Keuangan Eselon I Kemendes Jarot Budi Prabowo, datang ke gedung KPK sekitar pukul 11.02 WIB.
"Ketiganya dipanggil penyidik untuk dimintai keterangannya sebagai saksi untuk tersangka Irjen Kemendes Sugito," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2017).
Dalam OTT kasus ini, KPK telah menetapkan empat tersangka yaitu Irjen Kemendes Sugito, pejabat eselon I Biro Keuangan Kemendes Jarot Budi Prabowo,  auditor utama BPK Rochmadi Saptogiri RS dan Ali Sadli. Keempatnya kini ditahan KPK di tempat tahanan yang terpisah.
Dalam penggeledahan di BPK beberapa waktu lalu, penyidik KPK menyita uang Rp 40 juta dari ruangan Auditor BPK Ali Sadli. Ketua KPK Agus Raharjo mengungkapkan diduga uang tersebut merupakan sisa dari total komitmen sebesar Rp 240 juta.
Di ruangan ALS ada uang Rp 40 juta yang diduga bagian dari total komitmen Rp 240 juta. Sebelumnya Mei 2017 juga diserahkan uang sebesar Rp 200 juta. Sedangkan di ruang kerja Rochmadi Saptogiri ditemukan uang di brankas Rp 1,145 miliar dan 3000 dolar Amirika. Temuan ini masih diusut pihak penyidik KPK apakah dari hasil suap atau yang lain. (syam/TN)

Suap WTP, KPK Periksa Tiga Tersangka Suap WTP, KPK Periksa Tiga Tersangka Reviewed by samsul huda on June 07, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD