Butuh Tambahan Subsidi Listrik Rp 1,7 Triliun - GROBOGAN TOP NEWS

Butuh Tambahan Subsidi Listrik Rp 1,7 Triliun


JAKARTA (Top News) - Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM berencana membahas anggaran subsidi listrik dengan Komisi VII DPR. Kementerian ESDM akan mengajukan tambahan anggaran subsidi listrik pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017.
Tambahan subsidi yang diajukan sebesar Rp1,7 triliun khusus untuk membiayai subsidi listrik bagi 2,4 juta pelanggan 900 VA yang dinyatakan layak mendapat subsidi.
Untuk melancarkan proses pembahasan di DPR, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar bakal melobi Komisi VII DPR. Ia merasa perlu menjelaskan keinginan penambahan data penerima subsidi itu.
"Menteri Keuangan sudah mengajukan ke DPR. Secara informal saya juga sudah bicara dengan beberapa anggota Komisi VII DPR. Mereka mengatakan bagaimana subsidi bisa bertambah menjadi Rp 1,7 triliun? Saya bilang anggaran itu sesuai data yang didapatkan di lapangan. Kalau ada yang harus dikoreksi ya silakan dikoreksi," kata Arcandra di Jakarta, kemarin.
Posko pengaduan yang dibuka PLN mencatat setidaknya ada 2,4 juta pelanggan listrik rumah tangga 900 VA sebetulnya layak menerima subsidi. Sehingga total penerima subsidi dari yang semula dipangkas menjadi 4,1 juta membengkak menjadi 6,5 juta. Jika penambahan itu disetujui DPR, pemerintah akan menggelontorkan dana Rp52,13 triliun untuk subsidi listrik.
Usai libur Lebaran, Kementerian ESDM akan memaparkan langsung rincian penambahan anggaran subsidi listrik kepada Komisi VII DPR yang membidangi masalah energy. Soal kemungkinan adanya penambahan beban operasional bagi PLN, Arcandra enggan berkomentar. Ia menegaskan hal itu masih akan dibicarakan.
‘’Nanti dengan Menteri Keuangan, PLN, dan DPR. Tentu semua itu akan kita bahas,’’ katanya. (syam/TN)
Butuh Tambahan Subsidi Listrik Rp 1,7 Triliun Butuh Tambahan Subsidi Listrik Rp 1,7 Triliun Reviewed by samsul huda on June 30, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD