Kepala Rutan Bungkuk Pekanbaru dicopot - GROBOGAN TOP NEWS

Kepala Rutan Bungkuk Pekanbaru dicopot



JAKARTA ( Top News ) - Kepala Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Pekanbaru Teguh Trihatmanto dicopot dari jabatannya. Dia dinilai gagal memimpin rutan daerah itu, sehingga mengakibatkan 448 orang tahanan kabur.

Hingga Sabtu (6/5) kemarin, 221 orang tahanan yang kabur berhasil ditangkap kembali oleh polisi, TNI dibantu warga. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmiantha Dusak mengatakan, posisi Teguh digantikan pelaksana harian yang akan ditunjuk dalam waktu dekat.

"Selain kepala rutan, petugas lainnya juga diganti," kata Dusak di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Sabtu (6/5). Dia mengatakan, kondisi Rutan Sialang Bungkuk kembali kondusif. Pihaknya tengah memeriksa sejumlah petugas terkait informasi pungutan liar terhadap para narapidana dan tahanan yang diduga dilakukan pejabat rutan.

"Para tahanan meminta agar petugas itu dipindahkan karena dianggap terlalu ekstrem. Tapi kalau saya inginnya diperiksa, kalau mereka punya kesalahan harus ada sanksi," kata Dusak.

Diperoleh keterangan, bentrok antara napi dan tahanan dengan petugas sipir ditenggarai adanya dugaan pungli dan kapasitas yang penuh serta masalah kesehatan dan sarana air dalam rutan yang tidak memadai.Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi saat salat Jumat (5/5).

"Hanya ada beberapa kerusakan di dalam, namun signifikan. Yang dibakar, hanya ban dari pot dan ada pengrusakan kantin," kata Dusak.

Terhadap kerusakan kantin dan kondisi rutan yang berserakan sudah diperbaiki. Saat ini, 104 napi dan tahanan dipindahkan dari Rutan Sialang Bungkuk ke Lapas Klas II A Pekanbaru dan Lapas Bangkinang.Hal itu untuk mengurangi over kapasitas di Rutan Sialang Bungkuk.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo mengatakan hingga saat ini sudah 221 orang tahanan yang berhasil ditangkap kembali. Artinya, masih ada 227 orang tahanan yang berkeliaran di luar. Bukan hanya di Riau, polisi juga memburu mereka hingga ke provinsi tetangga berkordinasi dengan Polda lainnya.

"Update terakhir jumlah tahanan kabur yang ditangkap kembali sebanyak 221 orang. Itu ditangkap di beberapa lokasi dengan melibatkan sejumlah Polres seperti Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Siak dan Bengkalis," kata Guntur. (syam/TN)
Kepala Rutan Bungkuk Pekanbaru dicopot Kepala Rutan Bungkuk Pekanbaru dicopot Reviewed by samsul huda on May 07, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD