Bulog Luncurkan Gerakan Stabilisasi Pangan - GROBOGAN TOP NEWS

Bulog Luncurkan Gerakan Stabilisasi Pangan


JAKARTA ( Top News ) - Perum Bulog dan Kementerian Perdagangan meluncurkan gerakan stabilisasi pangan dengan mendistribusikan puluhan truk berisi sembako ke seluruh Indonesia. Sembako mitu antara beras, daging beku, minyak goreng, bawang merah, dan bawang putih.
Peluncuran sembako itu dimaksudkan untuk menjaga harga stabilitas pangan menjelang bulan suci Ramadan. Barang kebutuhan pokok ini didistribusikan  di sejumlah wilayah yang mengalami kekosongan pasokan.
Dirut Perum Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan, pihaknya akan melakukan gerakan stabilisasi pangan selama dua minggu penuh sebelum memasuki bulan Ramadan.
"Kita siapkan sejumlah komoditas yang paling banyak di konsumsi masyarakat selama bulan puasa dan hari raya Idul Fitri nanti seperti beras, daging, bawang, gula dan minyak goreng," kata Djarot, Rabu (17/5) pagi di Kawasan Pergudangan Bulog Divre DKI Jakarta, Jalan Pelepah Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Komoditas pangan itu akan didistribusikan melalui outlet binaan Bulog yakni Rumah Pangan Kita (RPK) di daerah-daerah. Totalnya ada 2 juta ton beras, 62 ton bawang putih, 60 ton bawang merah, 207 ribu liter minyak goreng, 37.500 ton daging beku, dan 320 ribu ton gula.
"Kita juga akan mengadakan kegiatan mobile Bazaar di permukiman penduduk, pasar tradisional, dan melibatkan asosiasi seperti PGRI, yayasan, pesantren, dan pedagang dengan sistem titip jual," katanya.
Ia berharap dengan gerakan stabilisasi pangan itu dapat menjamin ketersediaan dan akses masyarakat terhadap sejumlah komoditas pangan selama bulan Ramadhan.
"Kita libatkan anggota Polri dan instansi terkait untuk menjaga stok komoditas pangan agar tidak dimainkan harganya oleh sejumlah oknum," ujarnya.
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, bahwa dirinya terus berkoordinasi dengan Polri untuk memberantas oknum mafia pangan yang sengaja menyimpan sejumlah komoditas yang mulai terkerek naik harganya.
"Kita berterima kasih dengan peran Bulog, Kementerian Pertanian, dan Polri dalam memastikan ketersediaan stok pangan. Kita berikan bukti bahwa stok pangan ini bisa terdistribusi ke seluruh Indonesia," katanya.
Ia mengatakan, tinggal 4 provinsi di Indonesia yang belum ia kunjungi gudang Bulog untuk memastikan ketersediaan sembako jelang bulan Ramadhan.
"Saya meminta kepada Bulog dan Kementerian BUMN untuk menyediakan stok pangan, karena jelang Ramadhan selalu ada potensi permainan di pasar untuk menaikkan harga," tutur Enggar. (syam/TN)
Bulog Luncurkan Gerakan Stabilisasi Pangan Bulog Luncurkan Gerakan Stabilisasi Pangan Reviewed by samsul huda on May 17, 2017 Rating: 5

No comments

Post AD