Wakil Ketua KPK Alex: Anak Cucu BUMN dan BUMD Tak Sehat Bubarkan Saja - GROBOGAN TOP NEWS

Wakil Ketua KPK Alex: Anak Cucu BUMN dan BUMD Tak Sehat Bubarkan Saja

 

GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan bahwa pihaknya pada 2023-2024 fokus ke program aksi pencegahan korupsi salah satunya adalah penguatan BUMN dan BUMD.

‘’Kedua badan usaha itu, banyak yang tidak sehat, terutama anak dan cucu perusahaannya,’’ kata Alex pada acara Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) fokus penegakan hukum dan reformasi birokrasi di kantor KemenPAN-RB, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2023).

Pihaknya mengaku khawatir dengan putusan MA yang menyatakan kerugian yang dilakukan anak perusahaan BUMN, itu bukan bagian dari keuangan negara, sehingga pernah ada putusan tersebut bukan korupsi.

‘’Ini jangan-jangan merupakan modus kejahatan yang dikedepankan anak cucu perusahaan BUMN dan BUMD," kata Alex.

Ia mengatakan celah korupsi melalui anak perusahaan BUMN sering terjadi. Bentuknya adalah modus penyuapan yang tidak melalui BUMN, tapi anak perusahaannya.

‘’Penyuapan itu tidak atas nama BUMN, juga tidak menggunakan uang BUMN, tapi menggunakan uang anak atau cucu perusahaan negara tersebut,’’ ujarnya.

Fungsi awal BUMN dan BUMD adalah untuk menopang APBN maupun APBD. Namun lanjut Alex, kedua badan milik negara tersebut malah membebani anggaran negara.

Dari sisi bisnis, BUMN atau BUMD seharusnya ditujukan untuk mendapat keuntungan untuk menopang APBN atau APBD. Tapi dalam banyak kasus BUMN-BUMD maupun anak dan cucunya malah membebani anggaran.

‘’Ini nggak sehat sekali,’’ jelasnya.

Pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian BUMN untuk melakukan evaluasi menyeluruh terkait keberadaan anak usaha BUMN maupun BUMD.

‘’Kita bubarkan, dan kita tutup. Tidak ada gunanya dipertahankan, karena keberadaannya tidak memberikan manfaat bagi pemerintah maupun pemerintah daerah,’’ tegas Alex. (syam/TN)


Wakil Ketua KPK Alex: Anak Cucu BUMN dan BUMD Tak Sehat Bubarkan Saja Wakil Ketua KPK Alex: Anak Cucu BUMN dan BUMD Tak Sehat Bubarkan Saja Reviewed by samsul huda on March 10, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD