Wapres Ma'ruf Amin: Hukum Tumpul, Kemakmuran Tak Dapat Dinikmati - GROBOGAN TOP NEWS

Wapres Ma'ruf Amin: Hukum Tumpul, Kemakmuran Tak Dapat Dinikmati

 

GTOPNEWS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bila suatu negara menerapkan hukum yang tumpul, maka kemakmuran tidak bisa dinikmati negara itu.

Wapres mengatakan hal itu saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2022).

Wapres mengatakan negara manapun yang sumber dayanya melimpah, namun bila aturan mainnya lumpuh dan penegakan hukumnya tumpul, maka kemakmuran tidak mungkin dapat dinikmati oleh negara tersebut.


Ma’ruf Amin mengatakan, kekayaan yang hanya dirayakan oleh orang-orang yang memiliki akses pengambilan keputusan, dapat menyebabkan alokasi sumber daya jatuh. Hal itu membuat masyarakat tidak sejahtera.

"Korupsi kebijakan mengubah alokasi sumber daya dari yang seharusnya diproduksi demi kepentingan publik, dibajak demi memuaskan oligarki. Akibatnya, kemelaratan menjadi hamparan negeri," katanya.

Dalam memberantas korupsi kata Wapres, harus ada perubahan pada perilaku pemerintah dan masyarakat. Salah satunya, perilaku koruptif berubah menjadi perilaku jujur dan berintegritas.

"Perubahan perilaku yang muncul dari dalam diri individu akan lebih menjamin kesuksesan kita dalam memberantas korupsi, daripada ancaman hukuman yang berat," ujarnya.

Ma'ruf Amin berharap semangat tema Hakordia 2022 menjadi penguat komitmen dan langkah untuk menjalankan rencana kerja pemerintah 2023.

Rencana kerja itu mengambil tema 'Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'.

"Terkait hal itu, saat ini pemerintah membutuhkan dukungan untuk menyukseskan program prioritas pembangunan agar tidak terhambat oleh korupsi, antara lain percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, penguatan sistem jaminan sosial, dan peningkatan sistem kesehatan nasional.

Demikian pula, agenda revitalisasi pariwisata dan UMKM, hilirisasi industri, transisi energi, serta pembangunan infrastruktur, konektivitas, dan Ibu Kota Nusantara.

"Saya meminta seluruh pemangku kepentingan menyukseskan implementasi Peta Jalan Pemberantasan Korupsi 25 Tahun untuk mewujudkan Indonesia sebagai salah satu ekonomi terbesar di dunia," pina Wapres.

Dalam kesempatan itu Ketua KPK Firli Cium Tangan Wapres Ma'ruf Amin Usai Buka Hakordia 2022.(syam/TN)

Wapres Ma'ruf Amin: Hukum Tumpul, Kemakmuran Tak Dapat Dinikmati Wapres Ma'ruf Amin: Hukum Tumpul, Kemakmuran Tak Dapat Dinikmati Reviewed by samsul huda on December 09, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD