Mutu Beton Akses Jalan Semen di Mangunsari Sama Seperti Jalan Tol - GROBOGAN TOP NEWS

Mutu Beton Akses Jalan Semen di Mangunsari Sama Seperti Jalan Tol

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) - PT Semen Grobogan mulai menangani perbaikan jalan Sugihmanik – Mangunsari Tegowanu di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah dengan kontruksi beton bertulang.

Kepala Dinas PUPR Grobogan Een Endarto mengatakan, bahwa dalam pengerjaan beton itu, PT Semen Grobogan menerapkan katagori mutu FS45 (Flexsure Strength). Yaitu istilah yang digunakan dalam pengujian kuat lentur beton.

‘’Katagori mutu beton itu, sama seperti yang diterapkan jalan tol maupun jalan pantura dengan beban angkutan tinggi,’’ kata Een di Purwodadi, Minggu (16/10/2022).

Ia mengatakan, dengan mutu beton itu, dipastikan jalan beton sebagai akses semen PT Semen Grobogan dari Sugihmanik (lokasi pabrik-red) sampai Mangunsari sepanjang 5 km, dan lebar 7 meter, sangat kuat untuk angkutan beban tinggi.

‘’Kalau penerapannya di lapangan bagus, kami yakin jalan itu akan mampu bertahan lama. Maka sebelum umur beton minimal mencapai 28 hari, jalan tersebut dilarang keras dilewati, meski yang lewat truk tanpa muatan,’’ kata Een.

Pihaknya menyarankan PT Semen Grobogan agar ketat dan tegas dalam melakukan pengawasan baik dalam campuran beton maupun arus lalinnya.

Direncanakan pembetonan jalan itu selesai dalam waktu lima bulan ke depan. Diperoleh keterangan jalan akses semen PT Semen Grobogan tersebut dikerjakan PT Semarang Multi Cons (SMC) Semarang.

Jalan itu merupakan jalan kabupaten yang diperbaiki PT Semen Grobogan tahun 2021 untuk akses angkutan semen. Pada tahun tersebut jalan tadi diperbaiki dengan kontruksi aspal hotmix. Namun baru beberapa bulan diperbaiki, rusak lagi.

Rusaknya jalan itu menyebabkan warga Desa Mangunsari demo ke balai desa itu. Mereka mengklaim kerusakan jalan tersebut akibat angkutan semen. Selain demo, warga juga menutup akses jalan semen tersebut dengan menyandarkan motornya di tengah jalan. Praktis angkutan semen tak dapat lewat.

Tonny Santoso dari PT Semen Grobogan berjanji jalan Mangunsari – Sugihmanik diperbaiki September 2022 dengan kontruksi beton bertulang.  Sehingga kuat untuk angkutan beban berat. (syam/TN)

Mutu Beton Akses Jalan Semen di Mangunsari Sama Seperti Jalan Tol Mutu Beton Akses Jalan Semen di Mangunsari Sama Seperti Jalan Tol Reviewed by samsul huda on October 16, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD