KPK Geledah 16 Tempat di Bangkalan terkait Kasus Suap Lelang Jabatan dan Proyek - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Geledah 16 Tempat di Bangkalan terkait Kasus Suap Lelang Jabatan dan Proyek

 GTOPNEWS.COM – Sedikitnya 16 tempat di Pemkab Bangkalan Madura, Jatim, digeledah KPK. Penggeledahan itu berlangsung 5 hari berturut-turut sejak Senin 24 Oktober  hingga Jumat 28 Oktober 2022.

Penggeledahan itu, menyasar semua kantor dinas, badan, rumah dinas, dan rumah pribadi pejabat Pemkab Bangkalan dan Bupati Bangkalan.
Hari ini, Jumat (28/10) giliran Kantor Dinas Sosial Pemkab Bangkalan yang digeledah. Kepala Dinsos Wibagio Suharta mengatakan, Tim KPK tak menyita apa-apa di kantor dinasnya.
Sebelumnya Senin (24/10) penggeledahan berlangsung di ruang kerja bupati, ruang kerja Wabup, ruang kerja Sekda, rumah dinas bupati, dan rumah pribadi Bupati Bangkalan. Berlanjut ke Dinas Perdagangan (Disdag) dan rumah pribadi Kepala Dindag yang digeledah.

Hari berikutnya, Selasa (25/10), KPK menggeledah Kantor DPRD, Dinas PUPR, dan Kantor BKDPSDA Pemkab Bangkalan.

Kemudian, Rabu (26/10) menggeledah Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Bangkalan, Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), dan Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemkab Bangkalan.

Lalu Kamis (27/10) Kantor Dinas Perhubungan yang digeledah, dan hari ini Jumat 28 Oktober giliran Kantor Dinas Sosial yang digeledah.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan kasus tindak pidana korupsi di Pemkab Bangkalan sudah masuk tahap penyidikan, dan sudah ada tersangkanya.
Namun Alex tidak menjelaskan siapa pihak yang ditetapkan sebagai tersangka meskipun Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron telah dicegah ke luar negeri.

Ia mengatakan, penggeledahan di Pemkab Bangkalan itu terkait dugaan kasus suap lelang jabatan, dan sejumlah kasus dugaan korupsi lainnya, di antaranya pengadaan barang dan jasa, serta perizinan.

Diperoleh keterangan Tim KPK pernah menggeledah Pemkab Bangkalan Desember 2014. Dan menetapkan Bupati Bangkalan periode 2003-2013 Fuad Amin Imron sebagai tersangka dugaan korupsi Rp 300 miliar.

Fuad dihukum 13 tahun penjara tapi meninggal dunia di RSUD dr Soetomo Gedung Graha Amerta Surabaya 16 September 2019 akibat komplikasi.

Kini Abdul Latif Amin Imron, adik Fuad Amin Imron yang menjadi Bupati Bangkalan berurusan lagi dengan KPK. (syam/TN)

KPK Geledah 16 Tempat di Bangkalan terkait Kasus Suap Lelang Jabatan dan Proyek KPK Geledah 16 Tempat di Bangkalan terkait Kasus Suap Lelang Jabatan dan Proyek Reviewed by samsul huda on October 28, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD