Wakil Ketua KPK Nawawi: Jangan Coba-coba Rintangi Penyidikan Kasus Gubernur Lukas Enembe - GROBOGAN TOP NEWS

Wakil Ketua KPK Nawawi: Jangan Coba-coba Rintangi Penyidikan Kasus Gubernur Lukas Enembe

 

GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengingatkan secara keras agar semua pihak mendukung proses penyidikan Gubernur Papua Lukas Enembe. KPK mengingatkan agar tak ada yang menghalangi penyidikan kasus dugaan korupsi.
"Kepada pihak lain diharapkan membantu supaya proses pemeriksaan terhadap LE (Lukas Enembe) dapat secepatnya terlaksana dan jangan justru mencoba mencegah, merintangi, ataupun menggagalkan proses penyidikan," kata Nawawi di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Nawawi mengatakan ada ancaman pidana bagi orang yang merintangi penyidikan atau obstruction of justice. KPK katanya, tak akan segan-segan menjerat seseorang yang menghalangi proses penyidikan kasus dugaan korupsi.

"KPK akan keras menerapkan ketentuan Pasal 21 UU 31 Tahun 1999, yang kita kenal dengan obstruction of justice," ujarnya.

Nawawi meminta Lukas Enembe segera memenuhi panggilan pemeriksaan. Dia menyebut penyidik KPK punya kewenangan menilai kondisi kesehatan Lukas.

"LE cukup datang penuhi panggilan dan berikan keterangan di hadapan penyidik, termasuk menunjukkan kondisinya jika benar sakitnya hanya dapat berobat ke luar negeri," kata Nawawi.

Sebelumnya, KPK menyebut tim medis Gubernur Papua Lukas Enembe tidak dapat menjelaskan hal-hal teknis soal kondisi Lukas Enembe. Hal itu terungkap setelah perwakilan Lukas Enembe memberikan dokumen medis ke pihak KPK.

Lukas Enembe telah berstatus sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Namun KPK belum mengungkap detail perkara yang menjerat Lukas Enembe.

Lukas Enembe sudah dua kali dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai tersangka. Namun Lukas Enembe tidak hadir. Pengacara dan dokter Lukas Enembe telah mendatangi KPK dan menyatakan Gubernur Papua Lukas dalam kondisi sakit. (syam/TN)

Wakil Ketua KPK Nawawi: Jangan Coba-coba Rintangi Penyidikan Kasus Gubernur Lukas Enembe Wakil Ketua KPK Nawawi: Jangan Coba-coba Rintangi Penyidikan Kasus Gubernur Lukas Enembe Reviewed by samsul huda on September 27, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD