Wakil Ketua KPK Alex Sebut Ada Dugaan Bagi-Bagi Kavling Lahan di IKN Kaltim - GROBOGAN TOP NEWS

Wakil Ketua KPK Alex Sebut Ada Dugaan Bagi-Bagi Kavling Lahan di IKN Kaltim

 

GTOPNEWS.COM – Diduga terjadi bagi-bagi lahan kavling di lahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Demikian dikatakan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (10/3/2022).  

Ia mengatakan hal itu usai menggelar rapat koordinasi (rakor) pemberantasan korupsi terintegrasi secara hybrid di Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Pihaknya mengaku mendapatkan informasi bagi-bagi lahan itu dari masyarakat. Dan kini KPK tengah mengkaji laporan tersebut di lapangan.

"Lahan untuk IKN itu ternyata tidak semuanya clean and clearing.  Terkait dengan itu Bapak Presiden meminta KPK untuk mengawalnya,’’ kata Alex.

Tidak disebutkan siapa yang bagi-bagi lahan di lokasi IKN itu. Namun dalam keterangannya dia mengaku heran dengan para pejabat yang masih berani melakukan tindak pidana korupsi di IKN tersebut. Padahal semua unsur pengawas seperti BPK/BPKP, Irjen Kemendagri, Irjen Kementerian Keuangan, Irjen Kementerian PUPR dan lainnya ikut mengawasi jalannya pembangunan IKN.

‘’Selama belasan tahun KPK hadir, banyak kepala daerah yang terjaring OTT.  Namun ternyata masih ada yang nekat. Ini menjadi keprihatinan kami. Kenapa terus berulang,’’ ujarnya.

Pihaknya berharap bisnis apapun yang dilakukan di Kaltim hendaknya memberikan manfaat luas untuk masyarakat. Yaitu pajaknya dibayar, dampak lingkungannya minim, dan perusahaan yang terlibat bertanggung jawab secara sosial. (syam/TN)

Wakil Ketua KPK Alex Sebut Ada Dugaan Bagi-Bagi Kavling Lahan di IKN Kaltim Wakil Ketua KPK Alex Sebut Ada Dugaan Bagi-Bagi Kavling Lahan di IKN Kaltim Reviewed by samsul huda on March 10, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD