Rambah Pasar Jateng/DIY, Semen Grobogan Tingkatkan Produksi Semen Jadi 6.000 Ton/Hari - GROBOGAN TOP NEWS

Rambah Pasar Jateng/DIY, Semen Grobogan Tingkatkan Produksi Semen Jadi 6.000 Ton/Hari

 

GROBOGAN (GTopNews) – Pabrik Semen Grobogan (SGB) telah selesai dibangun kontraktor China Triumph International Ingineering Co. Ltd (CTIEC).  

Pabrik itu didirikan di atas tanah seluas 53 hektare di Desa Sugihmanik dan Kaliwenang Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Saat ini pabrik itu dalam taraf uji coba mesin. Dijadwalkan uji coba mesin tersebut berlangsung hingga 1-2 bulan ke depan. Yaitu sampai mampu memproduksi 8.000 ton/hari sesuai izin yang diajukan.

Staf Khusus PT Semen Grobogan Tonny Santoso mengatakan, bahwa uji coba mesin itu  diharapkan berlangsung sesuai yang dijadwalkan. Namun bila didapati sebagian mesinnya troble maka tak menutup kemungkinan uji coba tersebut molor dari yang dijadwalkan.

Meski dalam taraf uji coba, namun pabrik itu telah mulai memproduksi semen jadi sebanyak 2.800 ton/hari. Semen baru ini dipasarkan di Grobogan, Salatiga, Semarang, Demak, Kudus, Jepara dan sekitarnya.

Oleh pihak manajemen saat ini pasarnya diperluas ke wilayah Jateng/DIY. Itu sebabnya produksinya pun ditingkatkan menjadi 6.000 ton/hari sesuai tahapan uji coba mesin.

‘’Produksi semen itu diberi label SGB (Semen Grobogan),’’ kata Tonny di Semarang, Sabtu (5/2/2022)

Dirut PT Semen Grobogan saat di Purwodadi Gautama Hartanto mengatakan, bahwa label SGB sengaja dijadikan merk produk semennya. Hal ini sebagai ucapan terima kasih atas dukungan Pemkab Grobogan terhadap pembangunan pabrik semen tersebut.

PT Semen Grobogan optimis mampu produksi 5 juta ton/tahun. Hal itu didasarkan atas ketersediaan bahan baku yang mencukupi untuk diproses menjadi semen jadi.

Bahan baku itu berada di Desa Tanggungharjo  41,36 ha, Desa Sugihmanik, Kapung, Kaliwenang, dan Mrisi 199,3 ha. Kemudian berada  di Desa Putatnganten, Termas, Dempel, dan Ketro Kecamatan Karangrayung seluas 659 ha.
Bahan baku itu dinilai ESDM Jateng, tidak akan habis hingga 40 tahun ke depan. (syam/TN)

Rambah Pasar Jateng/DIY, Semen Grobogan Tingkatkan Produksi Semen Jadi 6.000 Ton/Hari Rambah Pasar Jateng/DIY, Semen Grobogan Tingkatkan Produksi Semen Jadi 6.000 Ton/Hari Reviewed by samsul huda on February 05, 2022 Rating: 5

No comments

Post AD