PT Semen Grobogan Mulai Operasional, Tahap Awal Jual 2.500 Ton Semen ke Masyaraka - GROBOGAN TOP NEWS

PT Semen Grobogan Mulai Operasional, Tahap Awal Jual 2.500 Ton Semen ke Masyaraka

 

GTOPNEWS.COM – Direktur Operasi PT Semen Grobogan Suparni mengatakan, bahwa pihaknya telah memulai tahap produksi, meskipun masih dalam kapasitas terbatas.

‘’Sejak 15 November 2021, kami sudah mulai produksi. Bahkan sudah mulai menjual sekitar 2.500 ton semen ke masyarakat,’’ kata Suparni di kantornya Sugihmanik, Tanggungharjo.

Ia mengatakan hal itu dalam acara penyalaan listrik bertegangan tinggi dari pelayanan PLN ke PT Semen Grobogan di Sugihmanik, Jumat (24/12/2021).

Untuk memproduksi dalam kapasitas besar katanya, dibutuhkan suplai listrik bertegangan tinggi yang kontinyu. Sehingga dapat mendukung operasional produksi PT Semen Grobogan ke depannya.

Suparni mengatakan tahap pertama pihaknya disuplai dari PLN Area Demak 30 kiloVoltAmpere (kVA). Karena kebutuhannya besar, maka ditingkatkan menjadi 40 kVA. Dan PLN telah memenuhinya.

‘’Kebutuhan operasional kami berada di kisiran 37 - 38 kVA," katanya. 

Sebelumnya PLN Area Demak memenuhi kebutuhan perubahan daya listrik PT Semen Grobogan dari 30.000 kVA menjadi 40.000 kVA. Pemenuhan itu ditandai dengan penyalaan listrik tersebut di PT Semen Grobogan. 

Penyalaan itu disaksikan Bupati Grobogan, Sri Sumarni, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng & D.I. Yogyakarta M. Irwansyah Putra, Kepala Dinas ESDM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko, dan Direktur Operasi Semen Grobogan Suparni. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng/DIY M Irwansyah Putra mengatakan bahwa sejak Juli 2021 PT Semen Grobogan telah menjadi pelanggan PLN dengan daya awal 30.000 kVA. Dengan perubahan daya ke 40.000 kVA diperkirakan potensi pemakaian listrik per bulan 1,6 juta kWh. 

“Dengan bertumbuhnya industri semen itu, diharapkan pasokan listrik tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional,’’ ujarnya.

Dengan operasional tinggi katanya diharapkan akan dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja di wilayah Grobogan dan sekitarnya.

‘’Kami berharap setelah Semen Grobogan, akan ada perusahaan lain yang berinvestasi di daerah ini. Sehingga ekonomi di Grobogan daerah dapat meningkat pesat,” kata Irwansyah. 

Bupati Grobogan menyambut baik kerjasama antara PLN dan PT Semen Grobogan. 

"Mewakili Pemkab kami menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada PLN yang supportive menyediakan listrik bertegangan tinggi untuk kepentingan industri," kata Sumarni. 

Dengan ketersediaan listrik itu, pihaknya berharap ke depannya Grobogan akan menjadi menjadi lahan industri yang banyak menyerap tenaga kerja. (syam/TN).

PT Semen Grobogan Mulai Operasional, Tahap Awal Jual 2.500 Ton Semen ke Masyaraka PT Semen Grobogan Mulai Operasional, Tahap Awal Jual 2.500 Ton Semen ke Masyaraka Reviewed by samsul huda on December 31, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD