OTT Bupati Andi Putra, KPK Temukan Uang Rp 80,9 Juta - GROBOGAN TOP NEWS

OTT Bupati Andi Putra, KPK Temukan Uang Rp 80,9 Juta

 

GTOPNEWS.COM – KPK mengamankan barang bukti berupa sejumlah uang dalam bentuk mata uang rupiah dan asing. Tim Satgas Penindakan KPK juga mendapati iPhone XR dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra dan General Manager PT Adimulia Agrolestari, Sudarso.

Dalam OTT ini KPK menemukan bukti petunjuk penyerahan uang Rp500 juta, uang tunai dalam bentuk rupiah dengan jumlah total Rp 80,9 juta.

‘’Tim Penindakan KPK juga mendapati mata uang asing sekitar 1.680 dolar Singapura dan HP Iphone XR," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi pers di Gdung KPK RI, Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Selasa (19/10/2021).

Kasus ini bermula saat PT Adimulia Agrolestari mengajukan perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) mulai 2019 dan berakhir 2024. Namun disyaratkan setiap perusahaan harus membangun kebun kemitraan minimal 20 persen dari HGU yang diajukan.

PT AA bukannya membangun kebun kemitraan di Kuansing. Tapi justru PT tersebut menjalin kemitraan di Kaboatren Kampar.

Kemudian SDR dan APB bertemu di suatu tempat. Dalam pertemuan itu AP menyampaikan  bahwa kebiasaan dalam mengurus pertsetujuan dan pernyataan tidak keberatan atas 20 persen kredit koperasi kredit koperasi Prima anggota (KKPA). Untuk perpanjangan HGU dibutuhkan minimal rp 2 miliar.

Tindakan itu menyebabkan Andi dan Sudarso ditetapkan KPK sebagai tersangka. Keduanya ditahan KPK di Rutan Pomdam Jaya Guntur dan Gedung Merah Putih KPK. (syam/TN)

OTT Bupati Andi Putra, KPK Temukan Uang Rp 80,9 Juta OTT Bupati Andi Putra, KPK Temukan Uang Rp 80,9 Juta Reviewed by samsul huda on October 19, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD