Pegawai KPK yang Akan Dipecat Dirikan Kantor Darurat Pemberantasan Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

Pegawai KPK yang Akan Dipecat Dirikan Kantor Darurat Pemberantasan Korupsi

 

GTOPNEWS.COM - Sebanyak 56 pegawai KPK yang akan dipecat karena tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) mendirikan kantor darurat pemberantasan korupsi.

Mereka akan mendirikan kantor itu di depan kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Yaitu tempat mereka demo atas putusan pimpinan KPK tentang pemecatan tersebut, Rabu (15/9/2021).

Kantor ini dibentuk sebagai bentuk kekecewaan terhadap kinerja KPK dan pemberantasan korupsi di Indonesia saat ini.

Kantor ini juga didirikan para aktivis antikorupsi.

Mantan pimpinan KPK Saut Situmorang, yang juga mengikuti aksi itu, berharap KPK bisa menjadi harapan masyarakat ke depannya. Yaitu mengedepankan integritas dalam memperjuangkan pemberantasan korupsi.

"Yang kita lakukan saat ini sejalan dengan revolusi mental Presiden Jokowi, poin paling atas dari revolusi mental adalah integritas, kita harus ingatkan itu lagi," kata Saut, dalam keterangan tertulis di aksi itu, Rabu (15/9/2021).

Saut mengatakan 57 pegawai KPK yang dipecat, bukanlah pengemis.

‘’Ini adalah bentuk perjuangan keadilan dan kebenaran,’’ katanya.

Saor Siagian, salah satu kuasa hukum 57 pegawai KPK mengatakan, para pegawai yang disingkirkan  pimpinan KPK adalah mereka yang tidak bisa diajak kompromi.

Ketua KPK Firli dinilai Saor, sebagai orang yang bermasalah di KPK. Begitu pula Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Ia mengatakan Dewas KPK telah menetapkan Lili sebagai pelanggar etik.

"Para pelanggar etik inilah yang merancang TWK dan pemecatan para pegawai yang enggan diajak kompromi," kata Saor.

Warga pendiri Kantor Darurat Pemberantasan Korupsi ini akan berkantor setiap Selasa dan Jumat, pukul 16.00-17.00 WIB. Seluruh masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya tentang pemberantasan korupsi dipersilakan mengunjungi kantor darurat ini.

Aksi ini didukung BEM Seluruh Indonesia, Koalisi Bersihkan Indonesia, ICW, Amnesty Internasional, YLBHI, LBH Jakarta, SERBUK, KASBI, KPBI, Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi, dan LBH PP Muhammadiyah. (syam/TN)

Pegawai KPK yang Akan Dipecat Dirikan Kantor Darurat Pemberantasan Korupsi Pegawai KPK yang Akan Dipecat  Dirikan Kantor Darurat Pemberantasan Korupsi Reviewed by samsul huda on September 15, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD