KPK Ingatkan Kemensos Hati-hati Kelola Anggaran Darurat Bencana - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Ingatkan Kemensos Hati-hati Kelola Anggaran Darurat Bencana

 

GTOPNEWS.COM – Menteri Sosial Tri Rismaharini diingatkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata  agar hati-hati dalam mengelola anggaran darurat bencana. Mengapa ? Karena anggaran itu tidak direncanakan dari awal.

"Semua yang darurat, tentu kegiatannya belum dianggarkan. Sebab tidak ada perencanaan dari awal,’’ kata Alex di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (30/4/2021).

Ia mengatakan suatu kegiatan yang dianggarkan dari awal. Lebih-lebih tercantum dalam APBN atau APBD, bukan katagori darurat. Sebab sebelumnya sudah ada unsur perencanaan.

Bentuk kedaruratan sifatnya mendesak dan semua dilakukan dengan cepat maka butuh anggaran dengan cepat pula.

‘’Prinsipnya keselamatan masyarakat harus diutamakan," kata Alex. Itu sebabnya penggunaan anggarannya dan proses pengeluaran anggarannya harus jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Makanya saat itu penunjukan APD, termasuk peralatan swab semua dilakukan dengan PL (penunjukan langsung). PL pun ada ketentuannya, nggak asal nunjuk," ujarnya

Jangan sampai katanya, pengadaan APD tapi yang ditunjuk perusahaan sembako. Kalau itu yang terjadi pasti bermasalah di kemudian hari. (syam/TN)

 

KPK Ingatkan Kemensos Hati-hati Kelola Anggaran Darurat Bencana KPK Ingatkan Kemensos Hati-hati Kelola Anggaran Darurat Bencana   Reviewed by samsul huda on May 01, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD